ISLAM CINTA DAMAI

Islam sebuah agama yang menyuguhkan konsep kedamaian dan kemesraan baik dalam hidup berkeluarga, bermasyarakat, bernegara dan beragama.

Much. Arifin, M.Ag

Tuduhan yang dialamatkan kepada Islam sebagai agama intoleran yang membawa radikalisme dan juga terorisme atau konflik dan perpecahan adalah sangat tidak benar. Islam sebuah agama yang menyuguhkan konsep kedamaian dan kemesraan baik dalam hidup berkeluarga, bermasyarakat, bernegara dan beragama.

Islam tidak pernah mengajarkan untuk memaksakan suatu keyakinan. Namun bukan berarti Islam juga membenarkan seluruh agama. Dalam hal ini Islam menyerahkan seluruh keyakinan dan pilihan pada manusia itu sendiri dan masing-masing akan mempertanggungjawabkannya kepada Allah SWT secara sendiri-sendiri.

Islam agama yang mengajarkan dakwah dengan bil hikmah. Islam mengajarkan agar dalam menyebarkan dan memberikan kesadaran pada manusia hendaknya menggunakan hikmah dan pelajaran yang baik. Tentu saja hal ini juga harus menggunakan bahasa yang baik juga dan menggugah kesadaran manusia.

Sebagaimana firmanNya: “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. “ (QS An Nahl : 125)

Islam tidak pernah mengajarkan untuk saling membunuh apalagi jika hanya karena aspek emosional belaka. Membunuh bagaimanapun juga adalah mengambil hak hidup bagi manusia. Sedangkan hidup ini lah yang perlu dipertanggungjawabkan seseorang kepada Allah

Bahkan dalam Al Qur'an telah jelas ancaman membunuh kepada orang yang tidak bersalah : “Barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya” (QS. Al Maidah: 32).
 
Ayat tersebut diatas sangatlah jelas bahwa, Kedamaian dalam Islam  menjadi suatu yang prioritas ketimbang melakukan perang atau saling membunuh.

Salam damai dariku: Much. Arifin, M.Ag
Kabid Agama Sosial Budaya BNPT-FKPT Jatim

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.