KENAPA KITA HARUS BERBAIK SANGKA

Orang yang selalu baik sangka akan terhindar dari penyakit hati yang dapat menyebabkan sikap intoleran ditengah kehidupan bermasyarakat. Intoteran adalah sebuah sikap yang tidak mau menghargai kelebihan pada orang lain dan tidak mau mengakui kekurangan yang ada pada dirinya.


Ustad Muchamad Arifin_ Ketua LDK PWM Jatim

Allah swt. Dalam firmanNya QS. Al Hujurat ayat 10 memerintahkan kepada hambanya yang beriman untuk selalu betbaik sangka. 

"Orang-orang beriman itu Sesungguhnya bersaudara. sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat. ... Menurut sebuah hadits, orang Islam satu adalah saudara orang Islam yang lain".

Dengan selalu berbaik sangka, maka kita akan merasa bahagia atas kemajuan yang dicapai oleh orang lain seperti sahabat, teman, dan kerabat. Walaupun kita sendiri belum bisa mencapainya. Buruk sangka terhadap orang lain akan membuat seseorang menimpakan keburukan kepada orang lain tanpa bukti yang benar

Dalam QS. Al Hujurat: 6 Allah swt berfirman : Wahai orang-orang yang beriman! Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan), yang akhirnya kamu menyesali perbuatanmu itu.

Bagi seorang muslim sungguh banyak sekali manfaat yang akan didapat jika ia memiliki sifat berbaik sangka kepada orang lain. Di antaranya hubungan persahabatan dan persaudaraan akan menjadi lebih baik. Hal ini karena berbaik sangka dalam berhubungan antara sesama mulsim akan menghindari terjadinya keretakan hubungan. Bahkan keharmonisan hubungan akan semakin terasa karena tidak ada kendala-kendala psikologis yang menghambat hubungan itu.

Berbaik sangka menghindarkan kita dari rasa penyesalan dalam berhubungan dengan sesama. Sebab buruk sangka terhadap orang lain akan membuat seseorang menimpakan keburukan kepada orang lain tanpa bukti yang benar, sebagaimana yang difirmankan Allah dalam Q.S Al-Hujurat Ayat 6 di atas.

Dengan selalu berbaik sangka, maka kita akan merasa bahagia atas kemajuan yang dicapai oleh orang lain seperti sahabat, teman, dan kerabat. Walaupun kita sendiri belum bisa mencapainya.

Orang yang selalu baik sangka akan terhindar dari penyakit hati yang dapat menyebabkan sikap intoleran ditengah kehidupan bermasyarakat. Intoteran adalah sebuah sikap yang tidak mau menhhargai kelebihan pada orang lain dan tidak mau mengakui kekurangan yang ada pada dirinya.

Semoga tulisan ini bisa mengantarkan kita semua menjadi hamba Allah yang terbaik dihadapanNya kelak. Aamiin. admin_ldkpwmjatim

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.