RAMADHAN BULAN DISKON DAN PEMUTIHAN

Siapa yang puasa Ramadhan dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang bangun malam Qadar dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu.

Ramadhan adalah bulan yang banyak dinantikan oleh banyak orang yang merindukan ampunan  Allah swt. Karena setiap manusia tidak lepas dari salah dan dosa sebagai mana Hadits yang cukup populer "Siapa yang puasa Ramadhan dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang bangun malam Qadar dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari Muslim).

Salah satu tujuan menjalankan ibadah puasa adalah menjadi hamba yang bertaqwa. oleh karena marilah kita jalankan puasa kita semata-mata mencari ridla allah swt. Apabila kita bisa mencapai derajat muttaqin, maka Allah akan memudahkan jalan hidup kita sebagaimana firmanNya : " Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar". QS. At Talaq: 2.

Keistimewaan lain yang akan didapat bagi hamba yang bertaqwa adalah " Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu". QS. At Talaq:3.

Tidak sedikit hamba Allah yang cuek dengan ayat-ayat ditersebut di atas.  Mereka menanggap hidup itu hanya sekali ya didunia ini. padahal dunia itu hanya jalan pendek menuju kehidupan yang lebih panjang. Kenapa kita tidak lebih sibuk menyiapkan kehidupan yang lebih panjang? yaitu kehidupan di alam akhirat ? yaitu sebuah kehidupan yang kita akan hidup sendiri tidak ada yang menemani kecuali dua amal, yaitu amal shaleh dan amal salah. 

Amal shaleh akan mengantarkan kita menuju sebaik-baik tempat, yaitu surgaNya sedangka. amal salah akan mengantarkan kepada seburuk-buruk tempat, yaitu nerakaNya. 

Muchamad Arifin
Ketua Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Muhammadiyah Jawa Timur.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.