SARING SEBELUM SHARING

“Hindari Menyebarkan Berita Hoax, setiap informasi sebaiknya disaring dulu, cek dulu kebenarannya, sebelum di sharing” 


Era digital yang sangat modern menjadikan teknologi komunikasi memberikan keuntungan yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Namun begitu, terdapat beberapa dampak negatif dan positif yang juga membayangi perkembangan teknologi komunikasi yang ada sekarang seperti facebook, WhatsApp, Instagram, Twitter dan seterusnya.  

Manfaat lain dari media sosial adalah juga untuk kepentingan silaturrahim,  kepentingan bisnis, melakukan promosi dan jual beli lewat media sosial bahkan kini menjadi cara yang sangat efektif dalam mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

Namun selain beberapa manfaat di atas juga ada mudharat atau dampak negative yang ditimbulkan. Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi yang ada sekarang juga menyerang kehidupan sosial masyarakat. Tindakan cyberbullying, penyebaran berita hoax, ujaran kebencian dan konten pornografi dinilai cukup meresahkan. Efek yang ditimbulkan pun bukan perkara sepele karena akan merusak generasi bangsa dan memecah belah persatuan.

Melalui tulisan ini kami berharap bahwa para pembaca bisa menghindari menyebarkan berita hoaxs, setiap informasi sebaiknya disaring dulu, cek dulu kebenarannya, sebelum di sharing.

Dalam al Qur’an telah jelas tertulis “(yaitu) mereka yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti apa yang paling baik di antaranya. Mereka itulah orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah dan mereka itulah orang-orang yang mempunyai akal sehat”. QS. Az Zumar:18.

Ayat di atas sangat jelas bahwa Allah swt. memngingatkan kita semua melai firmanNya agar kita senantiasa mengikuti segala sesuatu itu dari sumber yang baik arti lain apabila mendapatkan informasi hendaknya kita perhatikan dulu isinya, jika memberikan kebaikan bisa kita teruskan-share namun jika membawa kemudharatan atau dampak negative misalnya meresahkan maka hentikan.

Jangan membiasakan untuk sharing berita yang tanpa di saring dulu. tidak jarang sebagaian dari saudara kita hanya karena ingin yang terdepat dalam menyampaikan berita belum di baca sudah di sharing kemana-mana. Mari kita pastikan bahwa berita yang kita share sudah kita saring terlebih dahulu. 

Salam damai dariku : Much. Arifin 
Kabid Agama Sosial dan Budaya 
BNPT- FKPT JATIM


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.