FKPT JATIM BERSAMA KEMENAG SELENGGARAKAN FGD

Identifikasi dan deteksi dini aliran paham keagamaan sangat perlu untuk dilaksanakan mengingat berawal dari sini muncul beberapa permasalahan yang dapat mengganggu ketentraman ditengah kehidupan bermasyarakat. 

Foto bersama setelah acara FGD berlangsung

Sebagai upaya untuk memutus jaringan berkembangnya faham radikal yang berujung pada gerakan terorisme, maka Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Timur bersinergi dengan Kementrian Agama Kanwil jawa Timur menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Identifikasi dan Deteksi Dini Aliran Faham Keagamaan ".

FGD yang dilaksanakan di Kabupaten Malang pada hari Selasa, 4 Mei 2021 ini diikuti oleh perwakilan dari: Majelis Ulama' Indonesa (MUI), Kepala Kantor Urusan Agaman (KUA), Penyuluh Agama, utusan Danramil dan Polsek. 

Acara FGD yang berlangsung selama sehari ini dipimpin oleh Dra. Ummu Choiriyah Hanum Kasi Bina Faham Keagamaan & Kepustakaan Islam dengan narasumber Drs. Moch. Amin Mahfud, M.PdI. Kabid Urusan Agama Islam (Urais) Kakanwil Jatim bersama Ustad Much. Arifin, S.Ag,M.Ag. Kabid Agama Sosial dan Budaya BNPT-FKPT Jatim.

Identifikasi dan deteksi dini aliran paham keagamaan sangat perlu untuk dilaksanakan mengingat berawal dari sini muncul beberapa permasalahan yang dapat mengganggu ketentraman ditengah kehidupan bermasyarakat. 

Kabid Agama Sosial dan Budaya FKPT Jatim ustad Much. Arifin menyampaukan bahwa mencegah lebih baik daei pada mengatasi. Oleh karena itu kami berharap agar para tokoh agama bisa memberikan pencegahan sejak dini agar faham keagamaan bisa dicegah berkembangnya ditengah masyarakat yang dapat melahirkan timbuhnya firqah-firqah baru. 

Kearifan lokal merupakan cara yang baik untuk mencegah menjamurnya faham keagamaan yang ada ditengah kebinekaan ini. Para penyuluh agama, babinsa, babinkamtipmas termasuk pejabat KUA merupakan ujung tombak yang ada dimasyarakat bawah harus terus waspada dan tidak bosan-bosannya memberikan pencerahan kepada masyarakat akan masalah aliran keagamaan ini. admin_fkptjatim.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.