TERJADINYA GERHANA MENJADI JALAN MENDEKATKAN DIRI PADA ALLAH SWT.

Fenomena pergerakan benda-benda langit yang demikian tertib, agung, dan menakjubkan adalah tanda akan hadirnya Dzat dengan kekuasaan yang tak mungkin tertandingi oleh apa pun dan siapa pun. Dialah Allah Yang Maha menggerakan segala apa yang ada dilangit dan di bumi

Saat khutbah shalat khusuf sedang berlangsung di Masjid Al Ikhlas Wonosari Wetan baru Surabaya

Fenomena pergerakan benda-benda langit yang demikian tertib, agung, dan menakjubkan adalah tanda akan hadirnya Dzat dengan kekuasaan yang tak mungkin tertandingi oleh apa pun dan siapa pun. Dialah Allah Yang Maha menggerakan segala apa yang ada dilangit dan di bumi. Sebagaimana firmanNya: "Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal ". QS. Ali Imran:190. 

Ustad Muhammad Arifin, M.Ag dalam khutbahnya pada shalat gerhana bulan (khusuf) di Masjid Al Ikhlash Wonosari Wetan Baru X No. 30 Surabaya pada hari Rabu, 26 mei 2021 yang diawali shalat maghrib berjamaah menyampaikan bahwa terjadinya gerhana bulan tidak  ada hubungannya dengan kematian seseorang atau peristiwa tertentu melainkan terjadinya gerhana karena kekuasaan Allah swt.


Kita wajib  bersyukur mendapat kesempatan melewati momen-momen indah gerhana bulan yang jarang terjadi. Selain menikmati keindahan dan mengagumi gerhana bulan, cara bersyukur paling sejati adalah meresapi kehadiran Allah swt di balik peristiwa alam ini.


kita sering mendengar anjuran untuk mengucapkan tasbih “subhânallâh” yang artinya Maha Suci Allah tatkala menyaksikan sesuatu yang mengagumkan seperti terjadinya gerhana bulan ini, maka sesungguhnya itu manifestasi dari ajaran bahwa segala sesuatu harus dikembalikan pada keagungan dan kekuasaan Allah swt. 

Allah berfirman dalam QS Al hadid : 1 " “Semua yang berada di langit dan yang berada di bumi bertasbih kepada Allah (menyatakan kebesaran Allah). Dan Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

Ustad Arifin yang mendapatkan amanah sebagai ketua lembaga dakwah khusus (LDK) Muhammadiyah Jawa Timur ini dalam akhir khutbahnya mengajak kepada para jamaah untuk menjadikan  peristiwa gerhana bulan ini sebagai media untuk mendekatkan diri kepada allah swt. 

lensadakwah_ldkpwmjatim.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.