LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN WAWASAN KEBANGSAAN

Wawasan digital memiliki peran yang cukup strategis dalam meningkatkan wawasan kebangsaan. Inilah yang disampaikan oleh Muchamad Arifin dalam kegiatan webinar kementrian Kominfo Republik Infonedonesia selasa, 29 Juni 2021.


Muhammad Arifin saat menyampaikan materi leterasi kebangsaan

Kabiro P4GN Komnas Pendidikan Jawa Timur yang juga ketua LDK PWM Jatim ini menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan sangat identik dengan wawasan Nusantara, yaitu cara pandang Bangsa Indonesia dalam mencapai tujuan nasional yang mencakup perwujudan kepulauan Nusantara sebagai kesatuan politik, sosial, budaya dan ekonomi serta pertahanan keamanan.

Media sosial saat ini bisa menjadi berkah bagi semua, karena media sosial jika digunakan secara baik dan benar dengan menebarkan pesan-pesan perdamaian, maka akan dapat mempersatukan dan mendamaikan kita.

Media sosial juga bisa menjadi bencana jika dipakai untuk menyebarluaskan berita-berita hoax, paham radikal, ujaran kebencian yang dapat memecah belah kehidupan berbangsa dan bernegara.

Media sosial menjadikan kita bisa dengan mudah melakukan komunikasi dengan siapapun tanpa memandang jarak seperti 16 ribu pulaubdan 300 suku bangsa di Indonesia denga cepat dan murah.

Saat Kadiknas Jatim menyampaikan paparannya

Muhammad Arifin yang juka sebagai Kabid Agama Sosial dan budaya di BNPT-FKPT Jatim ini menghimbau agar kita semua bisa menjadikan media sosial ini untuk membangun komunikasi untuk menyebarkan kebaikan, persatuan dan persatuan serta persaudaraan.

lensadakwah.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.