DAI TIDAK BOLEH BERHENTI MELAKUKAN DAKWAH HANYA ALASAN PANDEMI

Dai memiliki peran yang strategis dalam ikut serta memberikan pencerahan, mengedukasi masyarakat dalam mensosialisasikan disiplin protokol kesehatan di masa pandemi covid, seperti : Selalu menggunakan masker, jaga jarak aman, selalu cuci tanga dan seterusnya.


Muchamad Arifin

Ketua Lembaga Dakwah Khusus ( LDK) Muhammadiyah Jawa Timur


Kepada lensadakwah.com ketua lembaga dakwah khusus (LDK) Muhammadiyah Jawa Timur ustad Muchamad Arifin menyampaikan bahwa dai tidak boleh berhenti menyampaikan dakwahnya dengan alasan pandemi. Karena dengan berkembangnya media sosial saat sekarang ini tidak ada alasan bagi dai untuk berhenti berdakwah.

Semua dai pada saat sekarang ini  merasakan betul ada yang berbeda ketika berdakwah, ada yang berbeda antara dai dan mad’u (audiens). Biasanya dai bisa bertemu langsung mad’u nya tapi situasi ini mengharuskan para dai untuk berpikir kreatif bagaimana dakwah itu bisa tetap terselenggara meskipun lewat online.

Lomba dai virtual yang diselenggarakan jauh sebelum terjadinya wabah covid oleh LDK PWM Jatim pada saat itu kini memiliki manfaat yang sangat luar biasa khususnya di masa pandemi ini. Para dai yang pada saat itu bergabung kini terus dapat menjalankan dakwahnya dengan media sosial khususnya melalui media youtube.

Dalam monitoring LDK PWM Jatim terhadap beberapa dai yang tergabung di dalam korp dai komunitas di daerah nampak aktif melakukan dakwah meskipun di saat wabah pandemi masih berlangsung, yaitu dengan memanfaatkan media sosial yang ada, seperti: Youtube, Whatsapp, Facebook,Instagram bahkanTiktok dan seterusnya.

LDK PWM Jatim menyampaikan penghargaan kepada para dai di daerah-daerah yang selalu menyampaikan dakwahnya dengan cara membanjiri konten-konten positif dalam upaya mengimbangi membanjirnya konten-konten negatif di dunia maya saat sekarang ini.

Dalam beberapa kesempatan LDK PWM Jatim memintak dengan segera para LDK PDM di daerah masing-masing untuk bisa memiliki website sebagai media untuk menyampaikan dakwahnya melalui tulisan khususnya di masa pandemi seperti ini. Sehingga tidak ada lagi alasan dai nganggur.


lensadakwah.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.