DENGAN MODERASI BERAGAMA MENJADIKAN HIDUP RUKUN BERDAMPINGAN

Bangsa Indonesia memiliki beragam budaya dengan sifat kemajemukannya. Keragaman mencakup perbedaan budaya, agama, ras, bahasa, suku, tradisi dan sebagainya. Dalam masyarakat multibudaya yang demikian, sering terjadi ketegangan dan konflik antar kelompok budaya dan berdampak pada keharmonisan hidup. 

Kepada lensadakwah.com Kabid Agama Sosial dan Budaya Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Timur Muchamad Arifin menyampaikan bahwa  moderasi beragama dapat mewujudkan ketertiban dalam masyarakat beragama, melindungi hak-hak pemeluk agama dalam menjalankan kebebasan beragama, mewujudkan ketentraman dan kedamaian dalam kehidupan keagamaan serta untuk mewujudkan kesejahteraan umat beragama.

Kita semua faham bahwa para pendiri bangsa menyepakati adanya dasar negara Pancasila, NKRI, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika yang memandu kehidupan berbangsa dan bernegara. Para agamawan saat ini sepakat bahwa dasar negara tersebut harus dijaga sebaik-baiknya. Komitmen tersebut mungkin bukan yang terbaik, tetapi menjadi yang paling cocok untuk bangsa Indonesia yang sangat multikultural.

Di Hari Ulang Tahun Badan Nasional Penanggulanan Teroris (BNPT) ke 11 ini Kabid Agama Sosial dan Budaya FKPT Jatim mengajak kepada para pembaca: Mari bersama-sama mencegah munculnya kelompok-kelompok yang tidak menghargai komitmen kebangsaan serta merasa menjadi kelompok yang paling berjasa dan paling memiliki. “Tidak boleh ada komunitas yang anti terhadap komunitas yang lain yang akhirnya menyebabkan terjadinya kesenjangan antar kelompok, suku, agama dan ras di negeri kita ini.

Dai yang sekarang juga mendapatkan amanah sebagai ketua lembada dakwah khusus (LDK) Muhammadiyah Jawa Timur ini menyampaikan melalui tulisan ini bahwa, Indonesia adalah milik kita bersama. Mari kita gerakkan toleransi dan penghargaan terhadap perbedaan harus terus ditumbuhkembangkan dengan memunculkan dialog-dialog lintas agama serta solidaritas tanpa batas harus terus diupayakan melalui simbol-simbol kerukunan dan toleransi di berbagai daerah.

Melalui tulisan ini ijinkan kami mengucapkan selamat: " Selamat Hari Ulang Tahun BNPT ke 11" Semoga Indonesia semakin makmur, rukun, tenteram dan aman dalam hidup berdampingan. 


lensadakwah.com.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.