INNA LILLAHI WA INNA ILAIHI RAJIUN



Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Kalimat ini sejak terjadinya wabah pandemi covid'19 terus kita dapati hampir di setiap media sosial khususnya whatsaap. 

Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Kalimat ini sejak terjadinya wabah pandemi covid'19 terus kita dapati hampir di setiap media sosial khususnya whatsaap. Ada apa sesungguhnya dikalimat yang memiliki arti : "Sesungguhnya kita adalah milik Allah dan semuanya akan kembali pada Allah SWT". ini ?

Dalam al Qur'an kalimat ini kita dapatkan di QS. al Baqarah yang artinya :"Dan Sesungguhnya Kami akan menguji kalian dengan sedikit rasa takut dan rasa lapar, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikan kabar gembiranya untuk orang-orang yang bersabar. Yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah mereka mengucapkan innalillahi wa inna ilaihi rojiun (sesungguhnya kami itu milik Allah dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Allah SWT)." (QS. Al-Baqarah: 155-156.

Pemahaman sederhana yang dapat kita ambil dari ayat di atas adalah: Bahwa musibah apapun yang menimpa kita semuanya kita harus serahkan kepada Allah SWT dan tetap berusaha dan berdoa. Ingat...doa merupakan sumber kekuatan dan harapan yang paling besar dalam kehidupan kita bersama sebagai hamba yang beriman.


Kita semua harus senantiasa ingat dan rindu kepada Allah swt yang akan memberikan perlindungan di waktu kesulitan atau untuk menghindarkan sesuatu kejahatan dan musibah. 

Berhadapan dengan peristiwa-peristiwa kehidupan ini, termasuk wabah covid yang terjadi saat ini kita harus senantiasa mendekatkan diri kepada Allah swt. Karena Dialah yang punya hidup dan mati. kepadaNyalah kita harus berserah diri."Berdoalah kepada-Ku, akan Kupenuhi (doamu)" QS. Al-Mukmin: 60.

Ada peringatan Allah swt kepada kita sebagaimana tertulis dalam ayatNya: "Dan jagalah dirimu dari (azab) hari (kiamat, yang pada hari itu) seseorang tidak dapat membela orang lain, walau sedikitpun; dan (begitu pula) tidak diterima syafa'at dan tebusan dari padanya, dan tidaklah mereka akan ditolong". QS. al Baqarah:48.


Muchamad Arifin 
ketua Lembaga Dakwah Khusus Muhammadiyah Jatim


lensadakwah.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.