JANGAN MALU BELAJAR DARI LEBAH DAN LALAT UNTUK MENJADI HAMBA YANG LEBIH BAIK

Kenapa lebah menghasilan madu sedangkan lalat menghasilkan virus? karena lebah dalam  fikirannya yang ada  sebuah bunga yang harum dan segar sedangkan lalat dalam fikirannya adalah kotoran yang menjijikkan dan selalu berfikir mencuri makanan. 

Ustad Muchamad Arifin

Ketua Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Muhammadiyah Jawa Timur 

Lebah pagi-pagi berangkat mencari makanan dengan menuju tempat yang baik dan indah, yaitu tumbuhan yang sedang berbunga segar sedangkan lalat berangkat pagi-pagi yang dituju adalah tempat yang kotor dan menjijikkan. Hasilnya? Lebah pulang membawa serbuk dan dapat menghasilkan madu yang bermanfaat bagi sesama sedangkan lalat pulang membawa sari kotoran yang dapat menyebarkan virus.

Sudah tahukan kita, bahwa  lebah memiliki karakter sangat baik. Sebab dia hanya makan yang baik-baik dan menghasilkan yang baik-baik pula. Secara sosial pun, lebah hidup bermasyarakat dengan sangat baik. Memiliki pemimpin yang dipatuhi. Saling bekerjasama antara lebah pekerja dengan lebah penjaga. Semua bekerja dalam sistem yang sangat rapi. 

Bandingkan dengan kepribadian lalat. Dia gemar mengganggu dan mencuri makanan. Allah dalam firmanNya menyampaikan : “Jika lalat merampas sesuatu dari mereka (manusia), mereka tidak akan dapat merebutnya kembali”. QS. Al-Hajj: 73. Ditambah lagi yang dipindahkan oleh lalat pun adalah virus penyakit yang merugikan. Inilah karakter pribadi lalat.

Mari kita simak hadits yang berbunyi : “Demi Allah, sesungguhnya perumpamaan mukmin itu seperti lebah. Yang dia makan adalah yang baik-baik. Yang dia keluarkan juga yang baik-baik. Bila hinggap di sesuatu, maka ia tidak mematahkan atau merusaknya”. HR. Ahmad dan dinilai sahih oleh al-Hakim.

Nah sudah tahukan? silakan memilih, akan mengikuti wahyu Allah atau mengabaikannya? Siapapun yang mengikuti wahyu-Nya, maka pribadi dan sosialnya akan baik. Contohnya lebah. Sebaliknya, siapapun yang meninggalkan wahyu Allah, maka pribadi dan sosialnya akan buruk. Seperti lalat.

Semoga tulisan yang tidak terlalu panjang ini bisa menjadikan kita untuk menjadi hamba-hamba yang mulia disisinya dan bermanfaat bagi sesama. 

lensadakwah.com
"Media Pencerah Umat"

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.