JANGAN PELIT UNTUK MENDO'AKAN KEBAIKAN ORANG LAIN

Dibeberapa media sosial seperti: Youtube, Whatsapp, Facebook,Instagram bahkanTiktok dan seterusnya sering kali kita dapatkan saudara-saudara kita saling mendoakan kebaikan orang lain, namun dalam diri kita sering ada rasa malas dan enggan untuk ikut serta mendoakannya. Bahkan tidak sedikit yang hanya untuk menjawab Aamiin saja ga' mau. Masyaallah.
Ustad Drs. Rik Suhardi, S.Th.I 
Ketua Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Muhammadiyah Bangkalan Jatim

Kadang saya ga' habis pikir kenapa mereka enggan untuk sekedar menjawab aamiin saja. Apakah mereka merasa gengsi atau rugi atau merasa berat untuk mengetik enam huruf "Aamiin" ?. Semoga yang sampai saat ini masih seperti itu segera sadar bahwa saling mendoakan itu adalah ibadah dan bagian dari dikabulkan doa kita.

Dalam sebuah Hadits Rasulullah saw. Beliau bersabda: 

" Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata,'Dan bagimu juga kebaikan yang sama". ( HR. Muslim).

Dalam Hadits yang lain:

" Doa seorang muslim untuk saudaranya (sesama musli) tanpa diketahui olehnya adalah doa mustajabah. Di atas kepalanya (orang yang berdoa) ada malaikat yang telah diutus, sehingga setiap kali ia mendoakan kebaikan untuk saudaranya, maka malaikat yang di utus tersebut akan mengucapkan, Aamiin dan kamu juga akan mendapatkan seperti itu". (HR.Muslim)

Hadits diatas mengajarkan kepada kita bahwa berdoa yang kita panjatkan untuk saudara kita adalah mustajabah dan para malaikat ikut mendoakan kita agar kita ikut mendapatkan bagian yang sama dari doa yang kita panjatkan untuk orang lain tersebut.

Oleh karena itu janganlah enggan, apalagi kikir untuk mendoakan saudara kita, minimal kita meng-amin-kan setiap doa yang dipanjatkan saudara kita. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.

lensadakwah.com
"Media Pencerah Umat"






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.