KEPANIKAN ADALAH SEPARUH PENYAKIT DAN KETENANGAN ADALAH SEPARUH OBAT

Saudaraku semua perlu kita ketahui bersama bahwa kepanikan adalah separuh dari penyakit dan ketenangan adalah separuh dari  obat.  Oleh karena itu marilah kita coba tenang dalam menghadapi masalah dan cobaan hidup ini termasuk menghadapi wabah covid corona yang lagi melanda negeri yang kita cintai ini.

 Muchamad Arifin

Ketua Lenbaga Dakwah Khusus (LDK) Muhammadiyah Jawa Timur  


Hidup ini penuh dengan tantangan. Dan tantangan itu biasanya akan diberikan kepada setiap manusia sesuai dengan kemampuannya. Hal itu telah Allah sampaikan kepada kita lewat firman-Nya dalam al-Qur’an. Namun, tetap saja masih ada yang mengeluh dalam menghadapi kehidupan yang kini dialaminya.

“Dan Kami tidak membebani seseorang melainkan menurut kemampuannya, dan pada Kami ada suatu catatan yang menuturkan dengan sebenarnya, dan mereka tidak didzalimi (dirugikan).” QS. al-Mukminun:62.

"Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman." QS. Ali Imran: 139.

Ujian pada masa pandemi Covid-19 belum menampakkan akhir bahkan terus naik. Di sisi lain, statistik hilangnya nyawa akibat virus itu terus bertambah. Manusia di berbagai belahan dunia mengalami ketakutan dan kesedihan di saat ini.

Marilah kita luangkan waktu dengan berdoa sebagaimana yang diabadikan dalam wahyuNya: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir". QS. Al Baqarah: 286

Hamba Allah yang selalu beriman kepada ayat-ayatnya pastinya tidak akan terlalu khawatir di saat menghadapi masalah hidup. Allah swt sudah memberikan jalan keluar sebagaimana firmaNya: "Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu'. " QS. Al Baqarah: 45

Tulisanya ini memang tidak panjang tetapi kami berharap semoga dapat mengantarkan para pembaca untuk tetap tegar dalam menghadapi masalah hidup. Ingat...Allah menguji kita karena ingin tahu berapa nilai kita dihadapan Allah swt. tanpa di uji nilai kita tidak bisa muncul.



lensadakwah.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.