RAHASIA MENYELESAIKAN MASALAH TANPA MASALAH

Hidup  di dunia ini tidak ada yang lepas dari masalah. Masalah pasti akan dihadapi oleh setiap manusia selama nafas masih menyatu dengan badan manusia.Terkadang kita merasa hidup begitu berat bahkan seolah tak pernah terlihat jalan keluar. Kita sudah lelah bertanya:  Apa- mengapa-bagaimana semua ini bisa terjadi ? 

 


Muchamad Arifin

Ketua lembaga dakwah khusus (LDK) Muhammadiyah Jawa Timur

Melalui tulisan ini penulis ingin mengajak kepada para pembaca semua melihat sebuah ayat Allah swt. yang sangat populer yang sering kali kita dengar bersama, yang artinya: Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk. QS. Al baqarah: 45.

Kita semua pasti sudah faham tentang cerita hamba Allah yang lolos dari eksekusi hukuman mati dengan cara dibakar, yaitu seorang Nabi Allah yang bernama Ibrahim 'alaihissalam (AS). Bukan hanya sekedar lolos dari hukuman bakar tetapi juga lolos dari terjadinya penyembelihan terhadap putranya yang benama Ismail. Semua ini tidak lepas dari kesabaran dan keikhlasannya dalam menjalankan perintah Allah swt.

Oleh karena itu saudaraku semua para pembaca tulisan ini mari kita jalankan hidup yang penuh dengan masalah dan ujian ini dengan penuh keikhlasan dan kesabaran. Insyaallah akan ada jalan keluar sebagaimana cerita sang bapak para Nabi (Abul Ambiya'), yaitu Nabiyullah Ibrahim AS.

Mari kita perhatikan ayat Allah yang berbunyi: Dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayanganNya." (QS. An-Nisa’: 125)

Dokumen: Khutbah Idul Adha di Halaman Masjid al Hakim Sidotopo Wetan Surabaya

Ayat diatas mengingatkan kepada kita semua akan pelajaran yang dapat kita ambil  dari kisah perjuangan Nabi Ibrahim AS dalam bentuk ujian dan perjuangan dalam menghadapi kaumnya yang dhalim serta dalam mengawali ibadah qurban.

Keteladanan  Nabi Ibrahim yang bisa kita perhatikan diantaranya adalah keyakinan kepada Allah SWT tidak membuatnya ragu dalam berdakwah walaupun menghadapi tantangan besar. 

Semoga tulisan yang tidak begitu panjang ini mampu mengantarkan kita untuk menjadi hamba Allah yang selalu ikhlas dan sabar dalam menjalankan roda kehidupan ini sampai ke surgaNya nanti.

lensadakwah.com





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.