KAJIAN DI AWALI NONTON FILM THE MESSAGE

Kajian Rabu ba'da shubuh, 25 Agustus 2021 kali ini di Masjid at-Taqwa Pogot diawali dengan diputarkan The massage.

Ust. Nurcholis Huda

The Massage adalah sebuah film drama sejarah epik 1976 yang disutradarai oleh Moustapha Akkad. Film ini menceritakan kehidupan dan perjalanan Nabi Muhammad. Dirilis dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris, The Message berguna sebagai sebuah pengenalan sejarah awal Islam

Dalam potongan film yang diputar tersebut menceritakan salah satu sebab terjadinya hijrah Nabi Muhammad dan rombongannya ke Habsyah.

Ketika tekanan terhadap Islam meningkat di Makkah, Nabi Muhammad SAW memerintahkan sekelompok sahabatnya untuk hijrah ke Habasyah (Ethiopia). Sementara, kaum kafir Quraisy berusaha membuntuti rombongan ini guna menggagalkan misi tersebut.

Setibanya di tempat tujuan, mereka pun diterima Raja Najasi, dalam suatu majelis kerajaan penuh keagungan. Tidak seperti tamu-tamu lainnya, kaum Muslimin memasuki majelis kerajaan tanpa mengikuti kebiasaan rakyat setempat: menunduk dan bersujud di hadapan raja yang beragama Kristen itu.

Melihat kesempatan ini, pihak kafir Quraisy yang juga hadir berusaha menjatuhkan posisi kaum Muslimin di hadapan Raja Najasi. Namun, juru bicara kaum Muslimin yang juga sepupu Rasulullah SAW, Ja'far bin Abi Thalib, tampil menjelaskan.

"Agama kami tidak membenarkan bersujud di hadapan selain Allah SWT," jawab Ja'far, pemuda tampan yang juga kakak dari Ali bin Abi Thalib. Rupanya penjelasan ini dapat diterima raja hingga akhirnya kaum Muslimin cukup lama tinggal di Habasyah.

Islam sangat menekankan umatnya untuk menjaga harga diri mereka dan melarang penghambaan manusia kepada manusia. Ini diteladani Nabi Muhammad SAW yang tak menyukai dirinya dibesar-besarkan secara berlebih-lebihan oleh sahabatnya.

Pernah beliau berkata, "Kalau aku datang, janganlah kalian bangkit berdiri menghormati kedatanganku seperti orang-orang ajam."



Di saat lain beliau berkata, "Janganlah kalian mengagung-agungkan daku seperti orang Nasrani mengagung-agungkan Isa bin Maryam."

Inilah sedikit cerita dibalik potongan film the massage yang menceritakan hijrah Nabi Muhammad ke Habasya.

Jika ingin tahu bagaimana kisah selanjtnya, maka ikuti kajian rutin Rabu ba'da shubuh di masjid at-Taqwa pogot yang diasuh oleh ustad Nurcholis Huda.

admin_arifin






1 komentar:

  1. Alhamdulillaah...semoga bisa istiqomah Ust...Allaah beserta orang orang sholih

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.