MASJID REMAJA KALILOM DIGERUDUK JAMAAH.

Masjid Remaja yang berdomisili di jalan Kalilom Lor Kecamatan Kenjeran Surabaya digeruduk jamaah. Memangnya ada apa di Masjid Remaja ? 

Suasana kajian di Masjid Remaja Kalilom Lor Surabaya

Masjid remaja yang beralamatkan di jalan Kalilom Lor  Kelurahan Tanah Kalikedinding Kecamatan Kenjeran Surabaya ini selalu di digeruduk jamaah karena tidak sepi dari kegiatan-kegiatan seperti pengajian yang selalu menyejukkan jamaah. 

Suasana kekeluargaan di Masjid Remaja yang terletak diwilayah padat penduduk surabaya bagian utara ini memang cukup luar biasa ungkap ustad Muchamad Arifin ketua Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Muhammadiyah Jawa Timur dalam pengamatannya pasca memberikan ceramah di kajian Ahad Pagi tersebut.

Ketua takmir ustad Mariono  sebelum kajian berlangsung

Kepada para jamaah yang hadir di kajian shubuh Ahad, 22 Agustus 2021 ustad yang juga mendapatkan amanah sebagai ketua takmir Masjid At-Taqwa Pogot Surabaya ini menyampaikan resep agar hidup selalu mendapatkan ketenangan. 

Salah satu resep agar kita selalu hidup penuh kebahagiaan adalah " Jangan Mudah Mengeluh". Mengeluh itu merupakan ciri dari orang yang tidak bersyukur. Orang yang selalu mengeluh itu tidak akan pernah merasakan kebahagiaan hidup, baik ditengah keluarga, dimasyarakat maupun sebagai warga negara. 

Apabila seorang hamba merasa beban hidupnya terlalu berat karena ujian atau cobaan, janganlah mengeluh, tetapi berdoa kepada Allah supaya dimudahkan dalam menjalani segala ujian yang diberikannya. sebagai mana firmaNya: 

Dan sesiapa yang bertakwa kepada Allah (dengan mengerjakan suruhanNya dan meninggalkan laranganNya), nescaya Allah akan mengadakan baginya jalan keluar (dari segala perkara yang menyusahkannya) QS. Surah At Talaq Ayat 2

Serta memberinya rezeki dari jalan yang tidak terlintas di hatinya dan (Ingatlah), sesiapa berserah diri bulat-bulat kepada Allah, maka Allah cukuplah baginya (untuk menolong dan menyelamatkannya). Sesungguhnya Allah tetap melakukan segala perkara yang dikehendakiNya. Allah telahpun menentukan kadar dan masa bagi berlakunya tiap-tiap sesuatu.” QS.Surah At Talaq Ayat 3.

Ujian atau cobaan adalah merupakan cara Allah untuk mengetahui tingkat keimanan hambaNya. Dalam Al Qur'an  Surat Al Ankabut: 2 Allah berfirman: 

Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, "Kami telah beriman," dan mereka tidak diuji? ... Tidak, malah setiap orang beriman harus diuji lebih dahulu, sehingga dapat diketahui sampai di manakah mereka sabar dan tahan menerima ujian tersebut.

Pandangan jamaah nampak fokus memperhatikan sebuah potongan film yang ditayangkan di layar bahkan beberapa jamaah sempat meneteskan air mata disaat film Nabi Ibrahim mendapatkan perintah menyembelih anak dambaan hati yang bernama Ismail. 


Apa yang harus kita lakukan disaat cobaan dan ujian menimpa kita? Karena yang mendatangkan ujian dan cobaan itu adalah yang Maha Hidup, yaitu Allah swt. Maka Allah jua yang memberikan resep jalan keluarnya. sebagaimana firmanNya: 

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu',. QS. Al Baqarah: 45

Marilah kita senantiasa berikhtiar, berdoda dan tawakal agar kita selalu mendapatkan ketenanngan dan kebahagiaan hidup.

Nashrumminallah Wafathun Qorib Wabasysyiril Mukminin. 

 

 

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.