MENEBAR KEDAMAIAN SALAH SATU JALAN MASUK SURGA

Sebarkan kedamaian, berikan makanan, bersilaturrahimlah, sholatlah ketika orang-orang tidur, engkau akan masuk surga dengan damai. (hadis shahih yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad).

Ust. Muchamad Arifin

Ketua Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Muhammadiyah 

Jawa Timur


Dalam kajian shubuh di Masjid al Furqon Surabaya ustad muchamad Arifin menyampaikan beberapa cara mudah untuk masuk surga diantaranya adalah menyebarkan kebaikan kepada sesama.

Kita sebagai sorang muslim selalu mengucapkan salam jika bertemu saudara sesama muslim. Dalam  Syarah Sahih Muslim Imam an-Nawawi menjelaskan bahwa ucapan salam tidak sekadar kata-kata, namun mengandung makna menebar kedamaian, kasih sayang dan kerukunan terhadap sesama, baik kepada keluarga, tetangga, maupun terhadap sesama Muslim.

Kepada para jamaah ustad yang mendapatkan amanah sebagai ketua Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Muhammadiyah Jawa Timur ini menyampaikan bahwa; meskipun menebar bedamaian itu mudah tapi tidak semua orang mampu menebarkannya. 

Hadis tersebut di atas memberikan pelajaran kepada kita bahwa tidak diperkenankan bagi seorang Muslim untuk membenci, mencaci dan menghujat sesama Muslim,  menyebarkan permusuhan, menebarkan ujaran kebencian dan memutuskan tali persaudaraan.

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni). Hadits ini memiliki maksa sosial yang luar biasa agar kita senantiasa membiasakan melaksanakan sesuatu yang bermanfaat bagi sesama.



Kita sekarang berada dalam kehidupan yang serba digital. Perkembangan dunia digital tidak bisa kita hindari karena hampir semua urusan sekarang dikerjakan serba digital apa lagi di saat pademi covid ini. 

Sebagai seorang Muslim mari kita pastikan bahwa apa yang kita lakukan selalu memiliki manfaaf baik bagi diri kita sendiri maupun pada orang lain. karena sesungguhnya berbuat baik pada orang lain itu manfaatnya kembali pada diri sendiri.

Dalam sorotan lensadakwah.com ustad yang sehari-harinya menjabat sebagai kabid agama Sosial dan Budaya Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (BNPT-FKPT) Jawa Timur ini selalu mengajak kepada jamaah ditempat-tempat kajian agar selalu menjadi manusia yang bermanfaat ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 






1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.