MENGENAL PERISTIWA DIBALIK PROKLAMASI

Diawal kajian Rabu pagi, 18 Agustus 2021 di Masjid Attaqwa Pogot Surabaya ustad Nurcholis Huda sempat menyampaikan sebual nama yang sangat berjasa dibalik peristiwa bersejarah, yaitu proklamasi kemerdekaan Negara Republik Indonesia 1945.

 Suasana kajian rabu bakda shubuh di Masjid Attaqwa Pogot Surabaya

Tidak semua orang mengenal seorang yang cukup berjasa dibalik peristiwa terjadinya proklamasi pada tahun 1945. 

Faradj bin Said bin Awadh Martak atau disingkat Faradj Martak (1897-1962) dikenal sebagai seorang saudagar Arab-Indonesia, yang mewakili NV. Marba telah berjasa dalam menghibahkan sebuah rumah di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 kepada Soekarno agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan Republik Indonesia.

Faradj bin Said bin Awadh Martak atau dikenal Faradj Martak, adalah seorang saudagar kaya kelahiran Hadramaut, Yaman 1897.

Faradj Martak memiliki jiwa nasionalisme untuk Bangsa Indonesia yang tinggi, sehingga rela menghibahkan menghibahkan sebuah rumah di Jalan Pegangsaan Timur No. 56

Setelah menyampaikan sedikit peristiwa dibalik sejarah, kajian dilanjutkan pembahasan sebelumnya perjalanan sejarah Nabi Muhammad saw.

Diantara yang diceritakan dalam kajian tersebut adalah kehebatan orang- orang disekitar Nabi Muhammad, yaitu Khodjijah.

Khadijah binti Khuwailid' (Bahasa Arab:خديجة, Khadijah al-Kubra) (sekitar 555 - 619) merupakan isteri pertama Nabi Muhammad. ... Khadijah al-Kubra, anak perempuan dari Khuwailid bin Asad dan Fatimah binti Za'idah, berasal dari kabilah Bani Asad dari suku Quraisy. Ia merupakan wanita as-Sabiqun al-Awwalun.

Nabi Muhammad SAW bertemu dengan Sayyidah Khadijah dalam misi dagang. Atas kejujuran beliau serta teladan mulia yang dimiliki, saudagar terhormat Sayyidah Khadijah kepincut. Lantas, seberapa kenal kah beliau terhadap Nabi sehingga yakin untuk melamarnya

Pakar Tafsir Alquran asal Indonesia, Prof Quraish Shihab, dalam buku berjudul Membaca Sirah Nabi Muhammad SAW menjelaskan, tiada keraguan bahwa Sayyidah Khadijah seseungguhnya mengenal benar Nabi Muhammad. Tak hanya itu, beliau juga mengenal keistimewaan yang terdapat di diri beliau.

Baik sebelum bekerja dalam bisnis, lebih-lebih setelah kerja sama itu dilakukan. Begitu pun sebaliknya, Nabi Muhammad SAW juga mengetahui tentang Sayyidah Khadijah dan keistimewaannya.

Bahwa beliau datang dari keluarga terpandang, sangat terhormat, dan dikenal sebagai wanita Quraisy terkemuka dan kaya raya.

Kisah-kisah menarik lainnya akan bersambung dikajian Rabu bakda subuh berikutnya. 



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.