SAMBUT TAHUN BARU 1443 H. DENGAN INTRUKPESI DIRI

Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan. QS. al hasyr:18
Much. Arifin

Ketua Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Muhammadiyah Jawa Timur 

Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H. telah tiba. Apa yang harus kita lakukan sebagai hamba yang beriman kepada Allah swt. Mari siapkan amalan terbaik untuk menyambutnya dengan membuang kebiasaan buruk yang pernah kita lakukan di tahun sebelumnya.

Al-Qur’an surat Al-Hasyr ayat 18 berisi penjelasan tentang perintah taqwa yang ditujukan kepada orang-orang yang beriman serta perintah untuk mengintrospeksi diri dengan memperhatikan amalan-amalan yang telah dikerjakan untuk kebaikan dimasa yang akan datang. 

Ayat tersebut di atas  memperingatkan kepada hambaNya yang beriman untuk senantiasa mengevaluasi perbuatan yang telah dilakukan di masa lalu agar amalan yang dilakukan di masa depan semakin meningkat, sebagai bekal di hari akhir.

Sebanyak dua kali di dalam ayat ini Allah menyebutkan tentang taqwa sebagai  penegasan bahwa seharusnya seorang muslim untuk bertaqwa dengan sebenar-benarnya takwa dengan melaksanakan Amal Ma’ruf Nahi Munkar karena Allah swt. selalu mengawasi segala perbuatan manusia didunia. Maka dari itu, seorang muslim hendaknya selalu menjalankan ibadah kepada Allah dengan baik dan sempuna serta takut melanggar perintahNya.

Bagi Allah tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi di bumi dan di langit. Dia mengurus semua makhluk-Nya, maka bagi Allah tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi, baik makhluk yang berada di bumi dan yang di langit, baik kecil maupun besar. Pengetahuan-Nya meliputi segala sesuatu. QS Ali Imran: 5.

Apa yang sudah kita baca dalam ayat di atas sudah sangat jelas bahwa apa yang kita lakukan diatas bumi ini semua di awasi oleh Allah swt.

Tahun Baru Hijriyah 1443 telah datang. Marilah kita berdoa semoga tahun ini menjadi tahun yang penuh kedamaian, kebahagiaan, dan banyak teman baru. Semoga Allah SWT memberkahi kita sepanjang tahun baru. Selamat Tahun Baru 1443 H.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.