KMM SIDOARJO: "PELUNCURAN 1000 DAI AGEN PERDAMAIAN" MENYATUKAN POTENSI DAN KEAHLIAN

Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. QS. ALI IMRAN: 104
Ustadz Hifni Solikhin, S.Ag_Ketua KMM Sidoarjo 

Peluncuran 1000 Dai Perdamaian oleh Lembaga dakwah khusus (LDK)Muhammadiyah  Jawa Timur adalah momentum untuk mengemban dakwah dengan menyatukan potensi atau keahlian yang berbeda-beda. 

Ibarat menyapu dedaunan yang kering dan busuk di lapangan yang luas. Tidak bisa hanya menggunakan 1 batang lidi saja. Meski ada 100 orang yang menyapu tapi masing-masing hanya memegang 1 batang lidi. Bandingkan bila 100 lidi yang dipegang oleh 100 orang  tadi kita satukan dan ikat dengan tali yang kuat. Pasti akan lebih ringan, mudah dan lebih menghemat waktu. 

Bahkan bukan hanya dedaunan kering dan busuk yang akan tersapu tapi kotoran lain dan sampahpun akan mudah untuk di bersihkan. Walau bagaimanapun, tidak ada pengemban dakwah yang memiliki potensi/keahlian yang sempurna, pasti ada kekurangan pada diri mereka. 

Maka dari itu karena rasa sayangnya Allah kepada para pengemban dakwah, Allah tidak perintahkan untuk dakwah sendiri-sendiri, tapi dakwah secara berjamaah supaya potensi yang telah Allah anugrahkan pada tiap pengemban dakwah bisa saling melengkapi. Bukankah tubuh membutuhkan kepala, tangan, kaki, jantung dan lainnya untuk bisa beraktifitas dengan baik?

Selain itu dakwah berjamaah juga bisa menjaga semangat para pengembannya. Seperti yang kita tahu, ada kalanya rasa malas menyapa di tengah perjalanan dakwah. Apalagi di tengah gempuran pemikiran-pemikiran sekulerisme kapitalisme yang menyerang dari berbagai lini seperti saat ini, pastinya sedikit banyak memberikan guncangan pada para pengemban dakwah. Maka dengan berjamaah mereka akan saling mengingatkan dan menyemangati.

Dan yang tidak kalah penting dari semua adalah dengan berjamaah akan menjadikan dakwah menjadi lebih terarah. Agar saat ada pengemban dakwah yang mulai melirik dan tergoda pada kesenangan dunia yang membelokkan arah tujuan dakwahnya, maka dengan berjamaah akan ada yang menyadarkan dan mulai menggenggam tangannya dan menariknya kembali pada rel dakwah supaya dia kembali pada tujuan dakwah yang telah ditetapkan.

Selamat bergabung di  Peluncuran 1000 Dai Perdamaian dan selamat berdakwah yang mencerahkan. 
admin_arifin

 

 

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.