SABAR MENUJU SURGANYA

Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad di antara kamu, dan belum nyata orang-orang yang sabar. QS. Ali Imran:142.

 Ust. Nurcholis Huda

Ayat diatas mengajak kepada hambaNya agar senantiasa berjuang untuk menuju surgaNya dengan penuh kesabaran.

Dalam kajian pagi ini ustad Nurcholis Huda menyampaikan bahwa salah satu ciri dari hamba yang sabar adalah tetap istiqamah dalam menjalankan perintah dan penjahui larangannya serta berusaha menegakan sunnah NabiNya.

Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya berkata, “Kapankah datang pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat. QS. Al Baqarah:214

Ayat tersebut diatas diturunkan mengenai susah payah yang menimpa kaum muslimin: (Ataukah), maksudnya apakah (kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga. Padahal belum) maksudnya belum (datang kepadamu seperti) yang datang (kepada orang-orang yang terdahulu sebelum kamu) di antara orang-orang beriman berupa bermacam-macam cobaan, lalu kamu bersabar sebagaimana mereka bersabar? (Mereka ditimpa oleh); kalimat ini menjelaskan perkataan yang sebelumnya (malapetaka), maksudnya kemiskinan yang memuncak, (kesengsaraan) maksudnya penyakit, (dan mereka diguncang) atau dikejutkan oleh bermacam-macam bala, (hingga berkatalah) baris di atas atau di depan artinya telah bersabda (Rasul dan orang-orang yang beriman yang bersamanya) yang menganggap terlambatnya datang bantuan disebabkan memuncaknya kesengsaraan yang menimpa mereka, ("Bilakah) datangnya (pertolongan Allah) yang telah dijanjikan kepada kami?" Lalu mereka mendapat jawaban dari Allah, ("Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat") kedatangannya.( Ringkasan tafsir).


Suasa kajian jamaah

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. QS. Al Baqarah:153.

Kajian yang diasuh oleh ustad Nurcholis Huda ini selalu diiringi dengan cerita-cerita berinspirasi  menjadikan  jamaah semakin betah  mengikutinya. Para jamaah yang mengikuti kajian Rabu pagi diberikan kesempatan untuk  bertanya baik langsung maupun lewat whatsapp. Bagi yang bertanya melalui  whatsapp bisa kenomor 081335698235.

Pada kajian Rabu pagi selanjutnya sesuai dengan tuntutan dunia digital, maka kajian akan disiarkan langsung melalui youtube TAQWAMu TV dengan harapan para jamaah yang berhalangan hadir tetap dapat mengikutinya. 

Dengan mengharao ridla Allah swt semoga kita semua yang membaca tulisan ini senantiasa diberilan kesabaran dalam menjalankan perintahnya dan menjahui larangannya.

admin_arifin






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.