CARA MUDAH MENYELESAIKAN MASALAH DALAM ISLAM

Masalah selaku mendampingi dalam setiap kehidupan. Mampukah kita menghindari masalah ? Inilah pertanyaan yang dimunculkan diawal ceramahnya oleh ustad Muchamad Arifin di Masjih al Jihad Situbondo, 12 Desember 2021.


Ketua Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Muhammadiyah Jawa Timur memberikan ceramah didepan para jamaah Masjid Al Jihad yang berada di Jalan Basuki Rahmad Situbondo dengan diawali shalat shubuh berjamaah.

"Cara mudah menyelesaiakan masalah dalam Islam" yang merupakan tema yang diangkat dalam kajian tersebut menjadikan jamaah datang dengan berbondong-bondong menghadirinya.

Dalam penjelasannya ustad Arifin menyampaikam, bahwa didalam Al Quran banyak sekali ayat-ayat yang terkait dengan solusi menyelesaikan masalah, salah satunya adalah:

Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak dia duga. QS. At Talaq: 2-3.

Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk. QS. Al Baqarah: 45

Di dalam sholat ada ketenangan jiwa dan ketentraman bagi pikiran, sholat merupakan pintu dari pintu-pintu yang denganya bisa membantu untuk menghilangkan dan menutup penatnya dunia.

Rasulullah bersabda: Barang siapa banya beristighfar (memohon ampunan), maka Allah akan menjadikan baginya setiap kesusahan menjadi kemudahan, setiap kesempitan menjadi ke lapangan, dan akan Dia karuniai rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka."

Ayat dan Hadits diatas adalah merupakan solusi yang ditawarkan oleh Islam dalam menghadapi segala bentuk masalah. Tapi faktanya tidak semua bisa mempraktekannya.

Allah SWT berfirman yang artinya :

“Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat”  (QS Al-A’raaf:204)

Membaca Al-Quran salah satunya dapat membuat diri kita tenang. Hal ini karena di dalam Al-Quran terdapat berbagai petunjuk yang jika dipahami akan benar-benar mendapatkan kenikmatan dan kebahagiaan sebagai bentuk petunjuk. 

Hal ini sebagaimana Allah sampaikan  bahwa Al-Quran adalah benar-benar petunjuk yang nyata. Adanya petunjuk bagi manusia, tentu dapat membuat kehidupan manusia lebih tenang, karena dalam jalan yang benar, dan tidak menyesatkan. 

Kita perlu yakin bahwa walau bagaimana hebat tekanan yang kita alami, pertolongan Allah SWT tetap ada. yakinlah karena setelah ada kesempitan pasti ada kelegaan dan selepas kepayahan pasti ada kesenangan.










1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.