MENYAMBUT KEDATANGAN HARI TUA

Kajian rutin Rabu pagi ba'da shubuh yang diasuh oleh ustad Nurcholis Huda  di Masjid at-Taqwa Pogot selalu dipadati jamaah meskipun hujan rintik-rintik dipagi ini.

Ustad Nurcholis Huda

Rabu pagi ini, 15 Desember 2021 materi yang disajikan cukup menarik, yaitu mempersiapkan diri dimasa tua. Kenapa cukup menarik ? Karena masa tua pasti akan datang. 

Masa tua pasti akan dialami oleh semua manusia. Masa tua tidak perlu ditakutkan karena pasti akan datang secara sunnatullah. Oleh karena itu harus kita siapkan dengan baik dimasa muda sebelum datang masa tua.


Suasana kajian berlangsung

Ada yang harus kita sadari dalam hidup ini.  Apakah itu ? Hidup ini sebuah kenikmatan yang penuh dengan tipu daya. Nabi pernah menyebutnya dengan abiris sabil, yaitu seperti orangvyang menyeberang jalan . Mari kita lihat sebuah ayat Allah yang artinya:
Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya. QS. Ali Imran: 135
Kebanyakan yang terjadi ketika masa tua datang adalah:
1). Kekuatan fisik dan otak menurun
2). Sakit sakitan bahkan pikun
3). Hidup sepi kadang sendiri
4). Penghasilan menyusut

Dan masih banyak lagi yang akan terjadi. Oleh karena itu harus dipersiapkan dengan baik, khususnya mental mental siap mengjadapi hari tua.

Ayat dibawah ini merupakan salah satu isyarat untuk mempersiapkan hari tua:
Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian. QS. Al Furqan: 67
Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang takut, (karena mereka tahu bahwa) sesungguhnya mereka akan kembali kepada Tuhan mereka. QS. Al Mukminu: 60
Didalam berdoa ada yang harus kita perhatikan, yaitu etika dalam berdoa. Sebagaimana yang tertera dalam dibawah ini:

Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai. QS. Al A'raf:205.
Dan masih banyak lainnya yang harus kita lakukan dalam menyambut hari tua.  Isyaallah dalam episode selanjuatnya. 








1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.