RAHASIA SUKSES MENYONGSONG HARI TUA

Dalam pantauan lensadakwah.com. Kajian Rabu pagi ini, 22 Desember 2022 di Masjid At Taqwa Pogot Surabaya yang diasuh oleh ustad Nurcholis Huda membahas lanjutan dari sebelumnya, yaitu membahas seputar persiapan hari tua.

Ustad Nurcholis Huda

Hari tua cepat atau lambat pasti akan terjadi. Ada orang yang takut akan terjadinya masa tua akhirnya harus keluarkan uang berapapun agar wajah tua tidak nampak. Mungkinkah dapat menghindarinya.  Apa yang seharusnya kita siapkan dalam menyongsong hari tua ? Ini yang harus kita ketahui:

Rahasia dikabulkannya doa

Salah satu rahasia dikabulkannya sebuah doa adalah tidak tergesa-gesa saat berdoa. Inilah yang disampailan oleh ustad Nurcholis dalam mengakhiri kajian pekan sebelumnya.

Dalam sebuah Hadits Rasulullah bersabda: Doa kalian akan dikabulkan selama tidak tergesa-gesa. Yaitu dia berkata: Saya sudah berdoa, tapi mengapa belum dikabulkan. HR. Bukhari-Muslim

Disaat sedang berdoa, maka yakinlah bahwa doa kita akan dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. Sebagai mana Hadits dibawah ini:

Berdoalah kepada Allah dan yakinlah doa kalian akan dikabulkan sebab Allah tidak akan mengabulkan doa dari hati yang lalai dan kosong. HR. Tirmizi dan Hakim. 


Suasana kajian sedang berlangsung


Rahasia bacaan istighfar

Membaca istighfar merupakan bagian dari kekuatan rohani dan dikabulkannya sebuah doa. Dalam QS. Nuh ayat: 10-13  Allah menyampaikan :

Maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai. Mengapa kamu tidak percaya akan kebesaran Allah?


Kelebihan bicara baik 

Perkataan yang baik dan pemberikan maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun. QS. Al-Baqarah ayat 263

Dalam kajian pagi ini selain bicara seputar doa, tahajud dan sedekah ustad Nurcholis Huda juga menyampaikan cara meringankan beban dalam menghadapi hidup. Salah satu caranya adalah mudah memaafkan. Karena sesungguhnya memaafkan itu dapat mencerahkan hati dan meringankan beban hidup.

Rahasia sedekah

Salah satu harapan umat muslim adalah mendapat kematian yang khusnul khatimah. Salah satu cara untuk mendapatkannya dengan bersedekah. Nabi Muhammad SAW menuntun hambanya untuk memperbanyak dan merutinkan amalan sedekah.

Rasulullah SAW bersabda ” Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah”. (HR Al-Baihaqi). Dalam salah satu hadits Qudsi, Allah berfirman: ”Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu“. (HR Muslim).

Isilah hati dengan informasi yang baik

Marilah kita isi hati kita dengan informasi baik dan rasa optimis. Kita semua harus tahu bahwa makanan rohani diantaranya berupa: informasi yang masuk lewat omongan yang kita dengar, bacaan yang kita baca, tayangan yang kita tonton. Jika kita masukkan makanan sehat, rohani akan sehat, jila makanan sampah atau beracun maka rohani kita akan rusak.

Dan orang-orang yang menjauhi thaghut (yaitu) tidak menyembahnya dan kembali kepada Allah, bagi mereka berita gembira; sebab itu sampaikanlah berita itu kepada hamba-hamba-Ku,  yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti apa yang paling baik di antaranya. Mereka itulah orang-orang yang telah diberi Allah petunjuk dan mereka itulah orang-orang yang mempunyai akal. QS. Az Zumar: 17-18.

Hindari penyakit hati

Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung," QS. Al-Isra:37

Dan adapun orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka, disamping kekafirannya (yang telah ada) dan mereka mati dalam keadaan kafir,” QS At Taubah: 125

Semoga tulisan ini mampu memotivasi kita semua menjadi hambaNya yang terbaik dan kelak masuk kedalam surgaNya.

admin_arifin











Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.