SD MUDATU PEDULI BENCANA SEMERU

SD MUDATU BUKA DONASI BENCANA SEMERU


Duka kembali melanda, gunung Semeru erupsi Sabtu sore, 4 Desember 2021, Gunung Semeru meletus. Awan raksasa bergumpal-gumpal keluar dari kawah gunung api yang ada di wilayah Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur itu. Seketika, warga berhamburan menyelamatkan diri. Hingga saat ini, berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per Senin (06/12) pukul 20.15 WIB, setidaknya 22 orang tewas, sementara 22 orang dinyatakan hilang dan 56 lainnya mengalami luka-luka. Erupsi juga berdampak terhadap 5.205 jiwa.

Atas musibah tersebut, SD Muhammadiyah 21 Surabaya atau yang dikenal dengan nama SD MUDATU merasa terketuk dan terpanggil untuk ikut bersama-sama membantu sesama yang mengalami kesusahan. Dan menindaklanjut instruksi Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Surabaya no.337/INS/III/0/H/2021 yang mengimbau kepada seluruh Amal Usaha Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah untuk menggalang dana kemanusiaan korban bencana alam.

Dari instruksi tersebut, kepala SD Muhammadiyah 21 Surabaya kemudian membuat surat edaran membuka donasi korban Semeru kepada siswa dan walimurid untuk mengumpulkan dana. Donasi di buka selama 3 hari yakni hari selasa-kamis, 7-9/12/2021.


Selain membuka donasi semeru di sekolah. SD MUDATU juga menggalang dana untuk masyarakat umum. Dalam penggalangan dana, sekolah melibatkan para siswa kelas 6. Dengan membagi 7 kelompok. Masing-masing kelompok yang berjumlah 4 siswa ini, menyasar masyarakat disekitar Kelurahan Wonokusumo. Di hari pertama berhasil mengumpulkan dana 5.217.300.00

Dan pada hari ke-2, rabu, 8/12/2021 bukan saja siswa yang bergerak. Para emak-emak hebat juga turun ke jalan. Mereka adalah para wali murid SD Mudatu.  Mereka bergerak di Wilayah Kelurahan Ampel. Para siswa dan wali murid ini begitu bersemangat dan bergerilya mencari donasi baik kepada para pejalan kaki, pengendara, para pemilik toko. Dan pada hari ke dua ini dana yang berhasil dihimpun sebesar 9.059.000. jadi total 14.276.300. selain itu panitia juga  berhasil mengumpulkan 28kg Beras, 10kg gula, 28 box  masker,  9 sarung, 9  mukena sajadah.  10 Handuk, 2 Doz mie instan.

Kegiatan ini dikomandani koordinator Sosial Devi Falachiyah, S.Pd. ia mengajak para wali murid, dan masyarakat untuk bersama-sama meringankan beban korban erupsi gunung semeru. Donasi bisa berupa uang tunai, sembako, alat-alat protokol kesehatan dan barang-barang yang bermanfaat untuk korban bencana. Demikian ucap nya. Donasi bisa diantar langsung ke SD MUDATU atau bisa di trnasfer ke rekening bank Jatim : 1882023814 atas nama Devi Falachiyah. Jangan lupa tambahkan kode 1 pada nominal tranfernya. Contoh donasi 100.000 maka ketika transfer menjadi 100.001. sambungnyanya.

Disisi lain,  Isna Kusnawati Zamroh, S.Pd. koordinator Donasi Semeru. menyampaikan “kami sampaikan  terimakasih kepada para donatur yang telah memberikan donasinya selama dua hari ini, semoga Allah membalas kebaikan bapak/ibu semua. Amin.

Lebih lanjut, ISNA berharap “Kami masih membuka penggalangan dana sampai tanggal 9 Desember 2021 agar terkumpul lebih banyak lagi. Jadi monggo para dermawan bisa menyisihkan sebagian harta-bendanya untuk saudara-saudara kita yang terkena musibah. Dan besok Jum'at, 10/12/21 akan kami salurkan ke Lumajang. Demikian ungkapnya. (anam)

admin_arifin

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.