JARIKU MEDIA DAKWAHKU

Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. QS. An Nahl: 125

Muchamad Arifin

Jari-jari yang kita miliki memiliki peran yang besar dalam dunia dakwah ditengah perkembangan teknologi infomasi sekarang ini. Inilah pesan yang disampaikan oleh Muchamad Arifin kepada lensadakwah.com

Perkembangan teknologi informasi yang ada sungguh sangat cepat dapat dimanfaatkan untuk kepentingan dakwah amal makruf mahi mungkar. Karena menggunakan media sosial akan menjadikan dakwah kita bisa diterima lebih cepat dan lebih luas jangkauannya dibanding dakwah lewat mimbar.

Namun yang menjadikan saya selaku aktivis dakwah prihatin adalah masih belum banyaknya para pengguna medsos  memanfaatkan perkembangan teknologi informasi ini dengan baik dan bermanfaat. Bahkan masih ada yang menjadikan medsos sebagai alat untuk provokasi, penebar kebencian, fitnah dan hal keji lainnya.

Melalui lensadakwah.com Muchamad Arifin yang juga ketua Lembaga Dakwah Khusua (LDK) Muhammadiyah Jatim menyampaikan pesan kepada pembaca tulisan ini, yaitu: jangan biasa share  isu-isu yang dapat merugikan orang lain, seperti berita-berita hoax dimedia sosial yang selama ini banyak beredar tanpa kendali.

Menyebarkan berita hoax merupakan kebohongan publik dan merupakan perbuatan orang-orang munafiq yang nantinnya akan dimintai pertanggung jawaban dihadapan Allah selain juga bertentangan dengan UU IT.

Kita harus ingat bahwa semua yang kita sampaikan baik melalui mimbar maupun melalui media sosial akan dimintai pertanggung jawaban dihadapan Allah. 

Sesungguhnya bagi Allah tidak ada satupun yang tersembunyi di bumi dan tidak (pula) di langit.QS. Ali Imran: 5

Dan Dialah Allah (yang disembah), baik di langit maupun di bumi; Dia mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan apa yang kamu lahirkan dan mengetahui (pula) apa yang kamu usahakan. QS. Al An'am:3

Dua ayat diatas cukup bagi kita untuk selalu hati-hati dalam mengendalikan jari-jari kita disaat memegang gadget. Karena seringkali jari kita tidak bisa terkendali ketika bersanding dengan gadget. 

Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya.” (QS.Al-Isra’:36)

Ayat diatas mengingatkan kita semua agar tidak membiasakan berkomentar padahal kita tidak mengetahui yang sesungguhnya. 

 lensa_ldkpwmjatim

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.