SDM 29 SIAPKAN DAI BERBASIS GURU

Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntun. QS Ali Imran 104

Ustad Muchamad Arifin 

Muhammadiyah itu gerakan dakwah amal ma'ruf nahi munkar. Jadi siapapun yang ada di Muhammadiyah termasuk para guru harus terus bergerak tidak boleh diam. Inilah yang disampaikan Muchamad Arifin Ketua Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Muhammadiyah Jawa Timur didepan para guru Sekolah Dasar Muhammadiyah 29 Surabaya, Sabtu 8 Januari 2022 dalam acara pembinaan guru dan karyawan.

Muhammadiyah sebagai gerakan Islam yang berlandaskan Al-Quran dan As-Sunnah dengan watak tajdid yang dimilikinya senantiasa istiqamah dan aktif dalam melaksanakan dakwah Islam amar makruf nahi munkar di segala bidang sehingga menjadi rahmatan lil 'alamin bagi umat, bangsa dan dunia kemanusiaan menuju terciptanya masyarakat utama yang diridhai Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Para guru saat mengikuti pembinaan

Pada awal  ceramahnya ustad Arifin panggilan dari Ketua LDK PWM Jatim ini menyampaikan pentingnya kita memahami sejarah dan sifat kepribadian Muhammadiyah bagi para guru yang ada dilingkungan perguruan Muhammadiyah agar tidak salah arah. 

Dalam arahannya didepan para guru tersebut ustad Arifin selain menyampaikan sejarah singkat Muhammadiyah dan beberapa tantangan dalam melakukan dakwah di Muhammadiyah, juga disampaikan seputar sifat melekat yang harus dimiliki oleh para guru, yaitu tentang sifat kepribadian Muhammadiyah. 

Sifat kepribadian Muhammadiyah meliputi: 

1. Beramal dan berjuang untuk perdamaian dan kesejahteraan.
2. Memperbanyak kawan dan mengamalkan ukhuwah Islamiyah.
3. Lapang dada, luas pandangan, dengan memegang teguh ajaran Islam.
4. Bersifat keagamaan dan kemasyarakatan.
5. Mengindahkan segala hukum, undang-undang, peraturan, serta dasar dan falsafah negara yang sah.
6. Amar ma’ruf nahi munkar dalam segala lapangan serta menjadi contoh teladan yang baik.
7. Aktif dalam perkembangan masyarakat dengan maksud ishlah dan pembangunan, sesuai dengan ajaran Islam.
8. Kerjasama dengan golongan Islam manapun juga dalam usaha menyiarkan dan mengamalkan agama Islam serta membela kepentingannya.
9. Membantu pemerintah serta bekerjasama dengan golongan lain dalam memelihara dan membangun Negara untuk mencapai masyarakat adil dan makmur yang diridlai Allah SWT.
10. Bersifat adil serta kolektif ke dalam dan keluar dengan bijaksana


Ustad Jatim Kepala Sekolah SDM 29 Surabaya

Media Dakwah bagi Guru

Kewajiban berdakwah bukan hanya bagi para dai atau muballigh saja, melainkan juga bagi semua umat Islam termasuk para guru. Guru yang dimasa pandemi ini tidak lepas dari dunia gadget. Dimana gadget dapat dimanfaatkan untuk berdakwah. 

Dakwah dengan menggunakan gadget akan memberikan hasil yang lebih efektif dibandingkan dakwah secara manual. Daya jangkau dakwah dengan gadget lebih jauh dan meluas. Dakwah dengan cara lama, seperti metode ceramah langsung atau dengan surat kabar atau koran membutuhkan waktu khusus. Bahkan tidak jarang membutuhkan lebih banyak biaya.

Di era yang serba digital seperti sekarang ini dari anak-anak hingga dewasa hampir semua menggunakan peran teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Begitu juga dengan para guru yang memanfaatkan peran teknologi sebagai aktivitas dalam melakukan kegiatan berdakwah dilingkungan sekolah.

Dalam pantauan lensadakwah.com Ketua LDK Muhammadiyah Jawa Timur dalam menyampaikan materi tersebut diiringi dengan beberapa kisah dan gambar serta vidio yang menarik sehingga menjadikan para guru dan karyawan SD Muhammadiyah 29 Surabaya yang mendengarkan betah mengikutinya hingga kegiatan berakhir.

admin_lensadakwah.com


1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.