ARMUDATU JELAJAH PONDOK DAN TADABUR ALAM

Study Camp adalah sebuah acara camping yang bertemakan edukasi/pendidikan yang diperuntukkan untuk siswa-siswi kelas 6. Program ini dirancang khusus untuk menumbuhkan kemandirian anak, rasa percaya diri,  selain itu, punya ghiroh (semangat) dalam menghafal al qur’an terutama juz 30, disamping menghafal beberapa hadits.


Study Camp ini dilaksanakan selama dua hari yaitu, 27-28 Januari 2022 di Pondok Pesantren Islamic Center eLKISI Mojokerto

Seluruh siswa/I kelas 6 yang berjumlah 89 anak ini dibagi dalam 10 kelompok yang terdiri dari 6 kelompok putra dan 4 kelompok putri.

Dihari pertama, arek-arek Muhammadiyah 21 (ARMUDATU)  pengenalan lingkungan pondok pesantren, dengan menjelajah diseluruh area pondok pesantren. Mulai melihat tempat belajar, kamar santri, laboratorium, kantin dan lain-lain.

Setelah itu, arek-arek selikur ini mendapat materi buku hadits maudlu’I jilid 1 dan trik menghafal cepat baik hafalan al qur’an maupun hadist nabi dari ust  Ali. Dan tidak hanya itu, tim eLKISI menerjunkan santri-santri senior yang sudah bersanad untuk melakukan pembimbingan langsung. Dalam waktu satu jam, di target bisa menghafal minimal 3 hadits dan 1 ayat al qur’an. 

Pada malam hari, 10 kelompok anak ini, mengikuti tadabbur alam dengan menjelajah didesa Mojorejo tepat disamping Edu Park eLKISI dengan melewati 3 pos. setiap kelompok yang datang wajib membuat yel-yel dan membuka password agar bisa masuk dan melanjutkan perjalanan ke pos-pos berikutnya. Password pos  pertama menghafal doa harian, pos ke dua menghafal ayat pilihan dan pos ketiga menghafal 3 hadist. 

Saat dini hari para siswa melaksanakan sholat tahajud dilanjutkan dengan sholat shubuh berjama’ah sekaligus mendengarkan tausyiyah dari ust. Ali, 15 menit kemudian santri eLKISI sebutan dari Ust, Ali. Ini megikuti senam pagi dan fun game.


Fun Game dikemas begitu menarik oleh tim Edu Park eLKISI sehingga anak-anak sangat senang sekaligus aktif serta antusias mengikutinya. Berbagai jenis permainan diperagakan mulai pijakan kotak, hujan salju,cepat tangkap bola, estafet pimpong dll. Gelegar tawa mengiringi kegiatan fun game ini.

Tepat pukul 11.00 santri eLKISI 2 hari ini di ajak berbaur dengan seluruh santri dengan menunaikan ibadah jum’at. Mereka bisa berinteraksi dan melihat aktifitas langsung para santri. Setelah itu, sholat jum’at ada muroja’ah yang dibimbing langsung oleh Ust. Ali. Dan dilanjutkan penutupan.

Dalam sambuatan penutupan, ust Ali berpesan agar santri eLKSI dari SDM 21 bersemangat belajar, dan menghafal. Trik yang sudah diajarkan oleh santri senior bisa diterapkan. 

Sementara itu, M.Khoirul Anam, M.Pd,I Wakasek SDM 21 menyampaikan “ terima kasih kepada Pimpinan, pengasuh PPIC eLKISI para guru dan pendamping yang telah menstrafer ilmunya, mentarbiyah, memberi tauladan yang baik anak-anak kami siswa-siswi SDM 21 Surabaya, semoga segala yang dicurahkan bermanfaat dan menjadi amal jariyah. Ujarnya.


Priya asli lamongan ini berharap,” Apa yang sudah didapat dari eLKISI ini bisa diterapkan di rumah dan disekolah. Mulai menjaga sholat jama’ah, mengaji, menjaga hafalan dan menambahnya. Disamping itu, Kalian juga dilatih mengatur waktu, sabar, disiplin serta mandiri. Demikian harapnya kepada siswa-siswi SDM 21

Sebelum menutup acara, Wakil ketua PCM Simokerto ini berparik’an “ Nang Batu tuku mersi, nang Demak  tuku coklat lan madu mongso, Inshallah SDM 21 karo eLKISI, siap nyetak kader umat lan bongso. (M.Choy)

lensa_ldkpwmjatim


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.