DAI KOMUNITAS HADIR MENCERAHKAN DAN MENGGEMBIRAKAN

Dai komunitas hadir mencerahkan dan menggembirakan. Inilah tema pada bimtek yang dilaksanakan oleh Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Muhammadiyah Jawa Timur, 26-27 Pebruari 2022.

Sejak awal berdirinya Muhammadiyah  telah mempraktekan berbagai metode dakwah termasuk didalamnya adalah dakwah berbasis komunitas.

Kepada lensadakwah.com Ketua LDK Muhammadiyah Jatim Muchamad Arifin menyampaikan bahwa yang dimaksud dakwah pencerahan berbasis komunitas adalah usaha untuk merespon suasana kekinian yang terjadi masa gini. 

Kita menyaksikan tumbuh suburnya berbagai gerakan dan komunitas yang ada di sekitar kita. Misalnya, ada komunitas punk, kurban narkoba, hijabers, bikers, motor gede (moge), pecinta satwa, majelis taklim, anak jalanan, dan seterusnya yang masing-masing memiliki budaya serta cara tersendiri dalam mengembangkan komunitasnya.

Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah Islam amar ma’ruf nahi munkar, dalam melaksanakan dakwahnya menghadapi tiga sasaran yaitu sasaran utama, sasaran umum dan sasaran khusus. Sasaran utama adalah seluruh anggota persyarikatan Muhammadiyah, dan sasaran umum adalah seluruh kaum muslimin dan muslimat. Sedangkan sasaran khusus adalah kelompok- kelompok masyarakat yang memiliki karakteristik khusus atau disebut dengan komunitas khusus


Lembaga Dakwah Khusus (LDK) PWM Jawa Timur sebagai salah satu lembaga baru yang merupakan lembaga Khusus Pelopor, Pelangsung, dan Penyempurna Persyarikatan Muhammadiyah memiliki tugas untuk melakukan rekonstruksi dan rekonseptualisasi pengkaderan Mubaligh dan Da’I Khusus, sekaligus pelaksana usaha-usaha pembinaan, pengembangan kader Mubaligh dan Da’i Khusus di kalangan Muhammadiyah sebagai bagian dari tugas besarnya yakni melaksanakan dakwah Khusus, Tabligh dan penyiaran ajaran Islam sesuai dengan prinsip-prinsip pemahaman Muhammadiyah yang bersumber pada Al-Quran dan al-Sunnah.


Hal diataslah yang merupakan salah satu latar belakang dilaksanakan bimbingan teknis dai komunitas bagi para dai yang tergabung dilingkungan LDK Muhammadiyah.

admin_ldkpwmjatim

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.