SETAN TERTAWA JIKA ANDA MENGELUH

Setan tertawa jika anda mengeluh dan setan akan menangis jika anda tertawa

 Ustad Nurcholis Huda

Dalam pantauan lensadakwah.com  kajian rutin Rabu pagi ini, 8 Pebruari 2022 di Masjid at-Taqwa pogot Surabaya yang diasuh oleh ustad Nurcholis Huda menyampaikan tema cukup menarik, yaitu Setan tertawa jika anda mengeluh dan setan akan menangis jika anda tertawa

Sebagai pembuka kajian ustad Nurcholis panggilan dari penasihat takmir masjid at-Taqwa ini menyampailan ayat 142 dari al Qur'an Surat Ali Imran yang artinya:

Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad diantaramu dan belum nyata orang-orang yang sabar.

Kehidipan ini tidak pernah lepas dari ujian. Kadangbujian itu datang satu demi satu. Tapi kadang juga datang secara bersama-sama.

Kesulitan demi kesulitan datang silih berganti. Tetapi ingat bukan hanya kita saja yang mengalaminya, melainkan juga berjuta-juta hamba lainnya. Bahkan bisa jadi lebih sulit dari kita.


Mari kita renungkan ayat diatas lanjut ustad Nurcholis mengajak kepada para jamaah. Bahwa untuk menuju kebahagiaan itu harus melalui  perjuangkan dan kesabaran.

Sungguh, manusia diciptakan bersifat suka mengeluh. Setelah diuraikan tentang orang-orang yang durhaka, kini diuraikan sebab-sebab kedurhakaan mereka, yaitu adanya sifat buruk pada manusia: Sungguh, manusia diciptakan bersifat suka mengeluh lagi kikir. kecuali orang-orang yang mengerjakan shalat. QS. al Ma'arij: 19-22

Para jamaah mari kita menjalankan tiga kewajiban sebagai seorang hamvaNya, yaitu: ikhtiar, berdoa dan sabar. Semua masalah itu pasti ada jalan keluarnya. Setiap kesulitan itu tidak akan berlangsung selamanya. Pasti akan berubahbjika kita mau berikhtiar untuk merubahnya. 

Demikianlah nikmat-nikmat-Ku kepadamu. Maka tetaplah optimis dan berharap pada pertolongan Tuhanmu karena sesungguhnya beserta kesulitan apa pun pasti ada kemudahan yang menyertainya.

Kenapa ikhtiar itu harus diiringi dengan sabar ? Ingat bahwa setan tidak akan pernah kapok dalam mencari teman. Dalam QS. Al A'raf: 17 Allah berfirman:

Pasti aku akan mendatangi mereka dari segala penjuru: dari depan, dari belakang, dari kanan, dan dari kiri mereka. Dan karena manusia amatlah lemah, Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur atas nikmat-nikmat-Mu.

Mari kita perhatikan pula ayat Allah yang terdapat  dalam QS. Al Baqarah: 268 yang artinya:

Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kemiskinan kepadamu dan menyuruh kamu berbuat keji (kikir), sedangkan Allah menjanjikan ampunan dan karunia-Nya kepadamu. ... Dan Allah Mahaluas ampunan, anugerah dan rahmat-Nya, Maha Mengetahui siapa yang berhak menerima itu semua.

Semoga kajian pagi ini mampu mengantarkan kita semua untuk bisa menjadi hambaNya yang tangguh dalam menghadapi berbagai macam cobaan yang telah diberikan kepada hamaNya

admin_arifin



1 komentar:

  1. Mohon editor mengecek kesalahan ketik biar artikelnya tambah menarik

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.