BIRRUL WALIDAIN

Janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia

Ustad Nurcholis Huda

lensadakwah.com-Kajian Ba'da Shubuh yang diasuh oleh ustad Nurcholis Huda Rabu pagi ini, 23 Maret 2022 mengambil tema "Birrul Walidain" Berbakti kepada kedua orang tua.

Allah Subhanahu wa Ta'ala juga melarang hamba-Nya untuk berkata ucapan “ahkepada orang tuanya. Ucapan “ah” disini digambarkan seperti jika kita tidak menuruti keinginan orang tua kita. “Dan Rabb-mu telah memerintahkan agar kamu jangan beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak.

Dalam Al Qur'an juga menggunakan kata "bi", wabil walidaini ihsana. Tidak mengggunakan kata "ila", karena "bi" itu menandakan tidak berjarak, melekat. Sedangkan "ila" itu berjarak. Maka dengan menggunakan kata "bi" diharapkan hati anak selalu melekat untuk berbakti kepada orang tua.


Ustad Nurcholis Huda menegaskan bahwa; jika orang tua sudah mencapai usia lanjut, dan apalagi berada disisimu maka jangan katakan ucapan bosan atau kasar apalagi membentak.

Al Qur'an menambahkan kata "disisimu" karena yang sering kesal itu adalah anak yang merawat, bukan anak yang jauh.

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. QS. Al Isra': 23.

Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil. QS. Al Isra: 24.

Seorang anak hendahnya selalu tawadhu, rendah hati kepada kedua orang tua. Betapapun tinggi kedudukan, pendidikan dan kekayaan dia tetap harus rendah hati penuh kasih sayang. Harus selalu mendoakan baik ketika orang tua masih hidup maupun sudah meninggal dunia.

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. QS. Lukman: 14

Seseorang datang kepada Rasulullah SAW dan berkata, 'Wahai Rasulullah, kepada siapa kah aku harus berbakti pertama kali?' Rasulullah SAW menjawab, 'Ibumu!'. Kemudian orang tersebut kembali bertanya, 'Kemudian siapa lagi?' Rasulullah SAW menjawab, 'Ibumu!'. Orang tersebut bertanya kembali, 'Kemudian siapa lagi?' Beliau menjawab, 'Ibumu!'. Orang tersebut bertanya kembali, ' Kemudian siapa lagi', Rasulullah SAW menjawab, 'Kemudian ayahmu'.

Semoga tulisan ini mampu mengantarkan kita semua menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tua dan bisa masuk kesurga bersamanya. Aamiin. (Arifin).

lensa_ ldkpwmjatim



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.