TIPS MERAIH KEMENANGAN

lensadakwah.com - Kajian rutin Rabu pagi, 30 Maret 2022 di Masjid At Taqwa Pogot Surabaya disampaikan oleh ketua Takmir ustad Muchamad Arifin.
 Ust. Muchamad Arifin

Ramdhan adalah bulan kemenangan. Kita semua harus bisa mendapatkan kemenangan di bulan Ramadhan. Kita jangan hanya puas jadi penonton. Pastikan kita bisa jadi pemenangnya. Inilah yang disampaikan ustad Arifin dalam mengawali ceramahnya dikajian Rabu ba'da shubuh di Masjid attaqwa Pogot Surabaya.


Siapakah yang akan menjadi pemenangnya di bulan Ramadhan ? Pastinya adalah siapa saja yang bisa memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan. Karena jika Ramadhan itu diibaratkan pertandingan, maka yang menang adalah yang bisa melewati babak penyisihan, semifinal dan berlanjut kefinal. 

Selanjutnya ustad Arifin yang juga ketua Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Muhammadiyah Jawa Timur ini menyampaikan materinya dengan mengutip beberapa ayat yang terdapat dalam awal QS. Al Mukminun.

Jamaah sedang khusu mengukuti kajian Rabu Pagi

Iman adalah modal utama untuk menuju sebuah kemenangan. Karena iman sebagai modal, maka iman kita harus selalu dijaga agar tidak berkurang. Dalam ayat pertama QS. Al Mukminun Allah menyebutkan : Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman. QS. Al Mukminun: 1.

Ayat diatas sangatlah terang dan jelas bahwa hamba yang beruntung, menang  adalah hamba yang beriman. 

Kriteria yang kedua untuk menuju kemenangan adalah mendirikan shalat dengan khusus. Sebagai mana dalam firmanNya ayat 2 dari QS. Al Mukminun yangvartinya : (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sembahyangnya.


Kriteria yang ketiga agar bisa menjadi golongan hamba yang menang adalah mampu menjauhkan diri dari perbuatan yang sia-sia. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam QS. Al. Mukminun: 3 yang artinya: dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna.

Sedangkan kriteria yang keempat adalah mampu menyisihkan sebagian nikmatnya. Dalam ayat 4 dari  QS. Al Mukminun telah disebutkan :  Dan orang-orang yang menunaikan zakat.

Sedangkan kriteria yang ke 5 untuk menjadi manusia yang menang adalah mereka yang bisa menjaga akhlaknya ( kemaluannya) sebagaimana dalam QS. Al Mukminun: 5 yang artinya: Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya.

lensa_ldkpwmjatim













Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.