AL INSYIROH SOLUSI MENYELESAIKAN MASALAH

Dengan didasari oleh QS.  Al Insyiroh  manusia akan memberikan kelapangan hatinya dalam menerima segala ujian yang Allah berikan

Lensadakwah.com - Teologi al insyiroh adalah ilmu yang mempelajari tentang semua masalah agama atau menyangkut Ketuhanan. Dengan didasari oleh QS.  Al Insyiroh  manusia akan memberikan kelapangan hatinya dalam menerima segala ujian yang Allah berikan dengan meyakini bahwa setiap kesulitan pasti ada kemudahan. 


Materi tersebut di sampaikan pada kajian Ramadhan yamg di laksanakan di Kecamatan Asembagus Desa Perante pada hari Ahad 9 Ramadhan 1443H / 10 April 2022 oleh pemateri pertama ibu Hj Sumijati,S.Pd

Materi tersebut menambahkan semangat bagi semua yang hadir  untuk terus menyimak pemaparan beliau. Gerakan al Insyiroh merupakan kelanjutan dari gerakan al ma'un yang akan menjadi nafas dalam program ke depan organisasi yang berkemajuan ini. 

Surat ke 94 dengan 8 ayat yang di milikinya mengajarkan kita untuk segera move on dari keadaan yang tidak menyenangkan di masa lalu, bukan hanya masalah cinta saja tapi semua kejadian kejadian yang telah terjadi untuk di tinggalkan dan untuk segera kita beranjak melanjutkan aktifitas yang lain dan lebih baik ke masa yang akan datang. 

Kandungan surat al insyirah tidak menjadikan kaum muslimin untuk terus merenungi dan meratapi peristiwa peristiwa masa lalu sehingga berat untuk beranjak bangkit dan melangkah maju. TIDAk..

Berangkat dari QS. Al Insyirah menjadikan kaum muslimin memiliki keyakinan yang lebih kuat akan cinta dan kasih sayang Allah SWT ?, karena Allah yang akan memberikan kemudaha kemudahan dalam kesulitan yang di hadapi hambaNya.

Namun setiap perubahan yang terjadi juga tergantung dari usaha atau ikhtiar yang di lakukan oleh individunya bukan yang hanya melakukan amalan amalan berupa bacaan bacaan yang di baca beribu ribu kali dengan harapan dari memperbanyak hitungan jumlah bacaan bacaan menjadi terwujud apa yang di harapkan.  

Melakukan amalan-amalan yang tidak dapat dohitung banyaknya  tanpa mau berjuang menghadapi masalah dengan mencari solusi secara nyata. Itu  di sampaikan oleh beliau  agar masyarakat tidak menjadi malas untuk berusaha dan berjuang dalam menghadapi tantangan yang akan di hadapi. Sungguh sarat makna yang di kandungnya.

Acara tersebut di lanjutkan dengan materi ke 2 tentang  Puasa dan kesehatan yang di sampaikan oleh ibu Maria Theresia Ade Ardiana Vitri,S.Tr.Kes

Koord Laboratorium Puskesmas Asembagus. bahwa  dengan berpuasa kita akan mendapatakan bbrp manfaat,  selain pahala sebagai balasan kita telah melakukan ibadah juga mendapat bonus kesehatan. 

Menjalankan  ibadah puasa organ tubuh yang merupakan alat vital kehidupan manusia akan mengalami istirahat dan melakukan peremajaan kembali. karena dalam tubuh Allah ciptakan alat untuk melindungi dan mengobati sendiri. seperti pankreas alat pencipta insulin alami yang akan menjaga kadar gula dalam tubuh.

Selain 2 pemateri dalam kajian Ramadhan itu, Ketua PCM Asembagus Bapak Mustafa,S.Pd juga mendapatkan kesempatan  untuk memberikan sambutannya. 

Dalam sambutannya ketua PCM Asrmbagus menyampaikan kekaguman dan rasa terima kasih atas kejutan yang di berikan kepada para jurnalis puteri Muhammadiyah yang berada d PCM Asembagus. Beliau juga menyampaikan 3 pilar yang menjadi program kerja unggulan PCM Asembagus yaitu 

1. keagamaan

2. kesehatan

3. pelayanan

3 pilari ini yanga akan terus di lakukan dan di perjuangkan oleh seluruh warga muhammadiyah khususnya di PCM Asembagus. Chasanah*

lensa_ldkpwmjatim

* Alumni bimtek dai komunitas LDK PWM Jatim

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.