PELATIHAN METODE PADLET

lensadakwah.com - Guru Muhammadiyah Cakru Antusias  Mengikuti Pelatihan  Metode Padlet

Di era digita, guru di semua jenjang pendidikan dituntut untuk mengusai teknologi informasi dan komunikasi. Tak ketinggalan guru di tingkat Taman Kanak – Kanak. 


Untuk meningkatkan kualitas guru terutama di lingkungan perguruan Muhammadiyah, beberapa dosen dari Universitas Muhammadiyah Jember mengadakan pelatihan TIK yang bertema Menjadi Guru Asik dengan Media Padlet (13/4/2022).

Pelatihan yang dilaksanakan dengan daring ini diikuti oleh 45 guru di bawah naungan Majelis Penidikan Dasar dan Menengah PCM Cakru Jember. Salah satu Dosen pemberi materi, Fitrotul Mufarida mengatakan bahwa pelatihan TIK ini sebagai respon Universitas Jember terhadap antusias guru untuk menguasai TIK terutama metode Padlet.

Metode Padlet merupakan situs web dan aplikasi yang memungkinkan siswa untuk mengumpulkan informasi ke papan bulletin virtual menggunakan sistem seret dan lepas yang sederhana,” jelas Fitroh, perempuan berkaca mata yang sekarang juga menjabat Wakil Ketua 2 PDA Jember.

Fitroh menambahkan Padlet bertindak seperti halaman penuh catatan tempel. Siswa dapat memulai dengan halaman kosong dan menambahkan  video, teks,tautan, dokumen dan gambar. Siswa juga dapat menambahkan banyak catatan pada dinding yang mereka sukai dan menggulir ke semua arah. 

Guru dapat memoderasi semua pos yang mengharuskan siswa untuk menampilkan nama mereka di papan assement. Padlet memberikan banyak keuntungan bagi siswa seperti kesempatan untuk berkolaborasi dengan rekan–rekan mereka secara real time.

Semua peserta mengikuti pelatihan dengan antusias. Hal ini dikarenakan para guru diajak untuk mempraktikkan secara langsung mendesain materi pada media padlet sesuai dengan mapelnya masing–masing. Guru juga berperan akrif sebagai murid dengan melakukan kegiatan pada padlet yang didesain oleh pemateri. 

Pendampingan tidak berhenti sampai pelatihan usai. Akan tetapi berlanjut secara mandiri hingga berkahirnya semester genap ini, jelas mantan Ketua PDNA Jember ini. Selain Fitrotul Mufarida, beberapa dosen yang menjadi pemateri dalam pelatihan ini adalah Rofiatul Hilma, Belaneta dan Septirani. (Humaiyah, PCA Tanggul Jember )

lensa_ldkpwmjatim

* Alumni bimtek dai komunitas ldk pwm jatim



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.