AL QUR'AN RAMBU RAMBU PERJALANAN HIDUP

(Al Quran) ini adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. QS. Ali Imran: 138


Muchamad Arifin, S.Ag, M.Ag

KETUA LDK PWM JATIM

Alangkah panjangnya kehidupan manusia dari mulai alam ruh, dunia, barzah hingga nanti alam mahsyar. Kemudian berikutnya menuju destinasi terarkhir, hanya ada dua pilihan yaitu surga atau neraka.

Dunia hanya salah satu persinggahan dari perjalanan panjang kita, yang jika dibandingkan dengan waktu satu hari di akhirat sama dengan seribu tahun di dunia

Dan mereka meminta kepadamu (Muhammad) agar azab itu disegerakan, padahal Allah tidak akan menyalahi janji-Nya. Dan sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu.QS. Al Hajj: 47

Singkat sekali kehidupan di dunia ini jika di banding dengan kehidupan di akhirat, namun kehidupan yang singkat ini akan sangat menentukan untuk kehidupan selamanya nanti.

عَنْ ابْنِ عُمَرْ رضي الله عَنْهُمَا قَالَ : أَخَذَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم بِمَنْكِبَيَّ فَقَالَ : كُنْ فِي الدُّنْيَا كَأَنَّكَ غَرِيْبٌ أَوْ عَابِرُ سَبِيْلٍ.

Dari Ibnu Umar RA. berkata: Rasulullah SAW memegang kedua pundak saya seraya bersabda: "Hiduplah engkau di dunia seakan-akan orang asing atau seorang yang sedang melakukan perjalanan (pengembara). (HR. Bukhari).

Namun yang seringkali kali kita siapkan adalah bekal kehidupan didunia yang sementara  dari pada kehidupan diakhirat yang tidak berakrir dengan ruang dan waktu.

Saudaraku semua pembaca tulisan ini yang dirahmati Allah swt. Marilah kita siapkan kehidupan diakhirat dengan sebaik mungkin. 

Petunjuk dan rambu-rambu menuju perjalanan panjang keakhirat sudah jelas, yaitu Al Qur'an. Sebagaiman firmanNya :

(Al Quran) ini adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. QS. Ali Imran: 138.

Tulisan ini sengaja tidak panjang biar kita tidak lama-lama membacanya. Yang penting mari segera pegang Al Qur'an sebagai penerang, petunjuk dan nasihat bagi hambanya yang bertaqwa. (Arifin)

lensa_ldkpwmjatim


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.