JALAN MENUJU AMPUNAN

lensadakwah.com - Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan ikhlas  mengharapkan ridha Allah  niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu.(HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah RA)

Ustad Muchamad Arifin*

Mengharap ridha Allah adalah bagian dari syarat untuk mendapatkan ampunanNya. Oleh karena itu marilah semua amal ibadah kita termasuk dalam bulan Ramadhan ini kita jalankan ikhlas hanya mengharap ridha Allah swt.

كَمْ مِنْ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَامِهِ إِلَّا الْجُوْع وَالْعَطْش

Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan sesuatu dari puasanya kecuali rasa lapar dan dahaga” (HR An-Nasa'i).

 

Hadis di atas menjelaskan bahwa banyak orang yang melaksanakan puasa dengan menahan lapar. Namun, tidak mendapatkan pahala dari ibadah puasa yang dijalaninya.

خمسٌ يُفطِرن الصّائِم: الغِيبةُ، والنّمِيمةُ، والكذِبُ، والنّظرُ بِالشّهوةِ، واليمِينُ الكاذِبةُ

Lima hal yang bisa menghilangkan pahala orang berpuasa: membicarakan orang lain, mengadu domba, berbohong, melihat dengan syahwat, dan sumpah palsu. (HR Ad-Dailami).

 

Lima hal yang dilarang diatas masih banyak dilakukan khususnya dalam dunia medsos. Bukankah lima hal diatas bisa membatalkan puasa? Kenapa masih banyak dilakukan?.

Bulan Ramadhan tidak ada larangan membuka medsos. Bahkan saya menulis dan menyebarkannya  tulisan ini juga pakai medsos. Cuma marilah kita manfaatkan gadget dengan yang bermanfaat bukan yang madharat.

Medsos sebetulnya merupakan media dakwah yang strategis diera digital ini. Karena hampir semua orang pegang gadget. Kalau bisa kita gunakan untuk dakwah kenapa harus digunakan untuk penyebar hoax, fitnah atau berita yang belum jelas kebenarannya. Ingat ayat dibawah ini:

Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu. QS. Al Hunurat: 6

Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tenteram. (Qs Ar-Ra’du 28)

lensa_ldkpwmjatim

* Ketua Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Muhammadiyah Jawa Timur.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.