SAY NO TO BULLYING

lensadakwah.com - SMP Muhamadiyah 2 yang terletak di Jalan Sukarno no. 44 Kota Blitar gelar Baitul Arqom pada hari Selasa, 26 April 2022 M bertepatan dengan 25 Ramadhan 1443 H. 

Foto bersama pasca acara berlangsung

Dalam acara  hadir sebagai narasumber drh. Sri Wododo Ketua Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Muhammadiyah Kota Blitar dengan menyajikan tema Say No Bullying mulai dari pukul 08.45-09.45 dengan diikuti 60 siswa putra dan putri.

Dalam pantauan lensadakwah.com pada materi ke 3 pada acara tersebut dimoderatori oleh   Aisya.

Ketua LDK Muhammadiyah Blitar yang sering dipanggil ustad Widodo ini dalam paparannya mengutip ayat Al Qur'an yang terdapat dalam Q.S. Al Hujurat (49):11 yang artinya:

Janganlah kamu saling mencela satu sama lain dan janganlah saling memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk (fasik) setelah beriman. Dan barangsiapa tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.

Nilai yang bisa diambil dari ayat tersebut menurutnya ustad Widodo meliputi:

1. Peringatan dan Nasehat sopan santun, menjauhi dalam tatanan interaksi sesama serta muhasabah diri terhadap kekurangan yg ada pada dirinya

2. Tidak boleh Mencela diri sendiri

3.Larangan memberi gelar buruk

4. Tindakan Uluhiyah dam Mu'amalah yang santun jika bullying telah terjadi.

Bentuk Bullying adalah:

 1. Fisik spt menampar, menukul, memalak, dll

2.Verbal seperti membentak, memaki, menghina dll

3. Psikologis (sosial)  seperti dipermalukan di depan Umum, mengucilkan dll

4. Dunia Maya lewat gadget

Cara menghadapi Bullying diantaranya : Meningkatkan Taqwa dan minta perlindungan Allah, berprestasi, mencari teman yang baik, bersikap tenang , berdiri tegak dan angkat kepala, tabayun mengapa membully, Block akun media 

Dalam Acara drh Sri Widodo memberikan penjelasan, diskusi, dipadu dengan pemutaran video,  lancar dan diselipi dengan  sedikit humor,  sehingga diikuti dengan  senang dan penuh  semangat, tidak ngantuk sampai selesai. (Sri Widodo).

lensa_ldkpwmjatim.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.