SDM KOTA BLITAR GELAR MUNAQOSYAH TAHFIDZ

Lensadakwah.com - Internasional Islamic School SD Muhammadiyah Kota Blitar gelar munaqosyah 70 santrinya yang sudah dianggap memenuhi kriteria.

Pengarahan sebelum acara munaqosyah dilaksanakan oleh ustad Fiki Fatwa

Pembukaan Munaqosyah Tahfidz Al Qur'an siswa-siswi Internasional School SD Muhammadiyah Kota Blitar dilaksanakan pada hari rabu,  17 Syawal 1443 H bertepatan dengan tgl 18 Mei 2022 M

Acara munaqosyah yang digelar di Masjid At-Taqwa Muhammadiyah Kota Blitar  tersebut dimulai pada pukul 07.30 sampai selesai.

Dalam acara tersebut tampak hadir  Bapak H Rusdy Riyanto (ketua PDM Kota Blitar), Bapak Ir. H. Hamid Setyabudi (Ketua Takmir Masjid At Taqwa Muhammadiyah Kota Blitar), Bapak drh. Sri Widodo (Ketua Dikdasmen PCM Kepanjen Kidul) dan Ustadz Mashadi M.Ag (Kemenag Kab Blitar) sebagai Ketua Penguji Munaqosyah Tahfidz.

Hadir dalam acara pembukaan tersebut 150 yang terdiri Kepala, guru dan karyawan, siswa siswi yang munaqosyah Tahfid  didampingi orang tua santri.

Tujuan diadakan Munaqosyah Tahfidz yaitu menguji hafalan siswa-siswi Internasional Islamic  School SD Muhammadiyah Kota Blitar, sekaligus memberikan penghargaan siswa-siswi dengan di Wisuda dan diberi serfitikat hafalan : 1 , 2, 3, 4 juz dan seterusnya , yang diharapkan  bisa memberi motivasi siswa-siswi lain  untuk   semangat dan istiqomah dalam menghafal Al Qur'an

Foto bersama seluruh peserta munaqosyah

Acara Pembukaan Munaqosyah dibuka oleh Mc dengan membaca Basmalah bersama dilanjutkan pembaca Al Qur'an oleh ananda Dzaky kelas 2 yang sudah hafal juz 30 dan 1.

Dalam pantauan lensadakwah.com dalam acara tersusus sebagai berikut:

Yang pertama Sabutan Ketua Takmir masjid At Taqwa Muhammadiyah Kota Blitar Bapak Ir  H. Hamid Setyabudi menjelaskan bahwa Masjid At Taqwa Muhammadiyah sebagai masjid ramah anak dan sangat mendukung kegiatan ini. Sambutan selajutnya dari Ketua PCM Kepajen kidul diwakili Bapak drh Sri Widodo ketua Dikdasmen PCM Kepanjen Kidul.

Dalam sambutannya disampaikan , bahwa untuk menghafal Al Qur'an minimal harus menjadi anak yang TOP singkatan dari T: Temen (bersunggung- sungguh) artinya harus fokus dan mengalahkan kegiatan  lainnya. O :  ora bosen ( tidak bosan , pantang menyerah tetap semangat, istiqomah dalam menghafal Al Qur'an. 

P : pinter (pandai) , pandai membagi waktu, memilih teman, dan berprestasi .

sebagai orang tua harus mendukung terutama IBU merupakan singkatan dari 

I : Ikhlas maksudnya harus ikhlas karena Allah anaknya menghafal Al Qur'an walaupun waktunya mengalahkan pelajaran lain

B: bangga kepada anaknya walau hafalan lambat dibanding temannya dan selalu memberi motivasi pasti bisa dan berhasil

U: usaha dengan cara dimasukkan ke pondok Tahfidz, meminta Ustadz untuk membimbingnya .  KH Rusdy  Riyanto S.Ag memberikan sambutan bahwa keberhasilan program tahfidz ini menjadi tanggung bersama sekolah , anak dan orang tua.

Ketua PDM kota ini Blitar berharap di  masa depan anak-anak bisa menjadi kader Muhammadiyah yang hafal Al Qur'an dan menjiwai Al qur'an dalam kehidupan sehari -hari.

Sebagai penutup acara ini, Ustadz Mashadi M.Ag  memberikan motivasi cara mudah menghafal Al Qur'an,  dilanjutkan muroja'ah dengan istiqomah , keuntungan menghafal Al Qur'an di dunia dan akhirat ,  diakhiri dengan secara resmi Munaqosyah tahfih dibuka dan ditutup dengan doa

Acara ini terselenggara atas kerjasama Internasional Islamic School SD Muhammadiyah Kota Blitar dengan Masjid At Taqwa Muhammadiyah , LazisMu kota Blitar, RSU Aminah dan RSI Aminah Blitar. (Sri Widodo).


lensa_ldkpwmjatim

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.