DAI PENCERAH UMAT

Menariknya, dibentuknya Lembaga Dakwah Khusus (LDK) di Muhammadiyah, anggotanya disebut da'i, bukan mubaligh

Lensadakwah.com - Mubaligh dengan Da'i, tentu tidaklah sama. Bagiku, tugas da'i lebih berat dan komplek, lebih dari seorang mubaligh. Dalam pengertian yang kupahami, mubaligh hanya terbatas pada tugas menyampaikan ayat atau materi dakwah tertentu. Tapi da'i tidak cukup menyampaikan. Ia memiliki tugas mengajak dengan strategi terbaik agar orang yang didakwahi bisa mengikuti. Begitulah goal seorang da'i, keberhasilannya terletak pada ajakan yang dipenuhi.

Menariknya, dibentuknya Lembaga Dakwah Khusus (LDK) di Muhammadiyah, anggotanya disebut da'i, bukan mubaligh. Artinya, para da'i di LDK agaknya harus belajar dan mencari strategi terbaik sehingga dakwahnya bisa diterima oleh kalangan khusus tersebut.

Sebagai upaya mencari model dan strategi terbaik itulah LDK PWM Jawa Timur menggelar bimbingan teknis da'i komunitas, Sabtu (28/5/2022). Acara yang diselenggarakan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi ini mengangkat tema "Da'i komunitas hadir mencerahkan dan menggembirakan".

Dari tema itu, satu point penting yang bisa ditangkap ialah dakwah itu bukan hanya hadir sebagai solusi yang mencerahkan, namun harus disampaikan dengan gembira dan menyejukkan.

Dalam materinya, Ketua LDK Jawa Timur, Muchamad Arifin mengajak para peserta bimtek untuk melihat realitas di sekitar, kemudian mencari strategi dakwah terbaik sebagai wujud 'ud'u ilaa sabili robbika  Disadari atau tidak, masyarakat dan komunitas yang termarginalkan seringkali terabaikan oleh sentuhan-sentuhan dakwah. Padahal, mereka memiliki hak yang sama sebagai  al-mad'u. Dengan dasar inilah, hadirnya LDK diharapkan bisa menjadi pelopor pencerahan di tempat-tempat yang jarang disinggahi oleh para ustadz berpakaian rapi.

Bukan hanya di dunia nyata, para da'i LDK diharapkan bisa berdakwah di sosial media. Hal ini dilakukan sebagai upaya melawan konten-konten negatif yang akhir-akhir ini sangatlah masif. Untuk itulah, di bimbingan teknis kali ini para da'i akan dibekali cara membuat konten grafis dan videografis untuk memperluas sasaran dakwah di sosial media. [Rozak]


Rozak adalah peserta bimtek dai komunitas LDK PWM Jatim

lensa_ldkpwmjatim

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.