JIKA PUNYA SIFAT INI...SEGERALAH BERTAUBAT

lensadakwah.com - Curiga atau sering disebut suudzon merupakan akhlak yang sangat tidak terpuji. Biasanya orang yang memiliki sifat suudzon akan mengartikan setiap kejadian menjadi serba buruk.

Muchamad Arifin*

Dalam Islam dilarang keras bersuudzon kepada sesama. Orang yang bersuudzon harus segera bertaubat. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta'ala :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. QS. Hujurat: 12

Mudah curiga akan menjadi penyakit hati yang susah dibersihkan jika tidak segera bertobat. 

Pada akhir-akhir ini seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat tanpa batas, maka salah satu dampaknya adalah munculnya saling curiga diantara sesama tanpa dibuktikan kebenarannya terlebih dahulu.

Kepercayaan kepada berita dimedsos  yang belum tentu kebenarannya sering kali berdampak pada permusuhan diantara saudara, teman, kelompok satu dengan kelompok yang lain bahkan tidak jarang sesama muslim menjadikan saling sikat dan sikut.

Sebagai seorang muslim yang baik tentunya kita harus selalu menjaga lisan, pendengaran, penglihatan dan akal fikiran kita. Ingat semua apa yang kita lakukan akan dimintak pertanggung jawaban dihadapan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Bagi Allah tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi di bumi dan di langit. Dia mengurus semua makhluk-Nya, maka bagi Allah tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi, baik makhluk yang berada di bumi dan yang di langit, baik kecil maupun besar. QS. Ali Imran: 5

Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala di atas mengingatkan kepada kita semua, bahwa kita semua dalam pengawasanNya baik yang kita tampakkan maupun yang kita sembunyikan termasuk jika ada suudzon dalam pransanka hati kita.

Mudah-mudahan tulisan ini bisa menyelamatkan diri kita dari sifat atau prasangka jelek. 

lensa_ldkpwmjatim

* Ketua Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Muhammadiyah Jawa Timur







Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.