MUSLIM WAJIB MEMENUHI PANGGILAN INI

Lensadadakwah.com - Ada lima panggilan Allah kepada hambaNya yang wajib diketahui. Inilah yang disampaikan ustad Muchamad Arifin kepada para jamaah kajian Ahad Pagi di Masjid At-Taubah di Jalan Demak Barat I/39 Surabaya, 22 Mei 2022.
Ustad Muchamad Arifin

Dalam kajian yang dimulai dengan Shalat Shubuh berjamaah tersebut ustad Arifin panggilan dari Ketua Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Muhammadiyah Jawa Timur menyampaikan Lima Panggilan Allah kepada hambaNya yang beriman.

Lima panggilan tersebut meliputi: 

1. Panggilan Harian, yaitu mendirikan Shalat Lima waktu. Dalam FirmanNya yang terdapat dalam QS. An Nisa: 103, yang artinya:

Selanjutnya, apabila kamu telah menyelesaikan salat(mu), ingatlah Allah ketika kamu berdiri, pada waktu duduk dan ketika berbaring. Kemudian, apabila kamu telah merasa aman, maka laksanakanlah salat itu (sebagaimana biasa). Sungguh, salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.

2. Panggilan Mingguan, yaitu mendirikan Shalat Jumat. Perintah mengerjakankan shalat Jumat terdapat dalam QS. Jumuah: 9, yang artinya:

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan sholat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

3. Panggilan Tahunan, yaitu mengerjakan Puasa Bulan Ramadhan. Dalam satu tahun sekali tepatnya pada Bulan Ramadhan umat Islam diwajibkan menjalankan puasa. Perintah ini terdapat dalam ayatNya dalam QS. Al Baqarah: 183, yang artinya:

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa

4. Panggilan seumur hudup sekali, yaitu mengerjakan ibadah haji. Umat Islam yang mampu diwajibkan menjalanjan Ibadah Haji Sekali seumur hidup. Perintah Allah ini terdapat dalam ayatNya QS. Ali Imran: 97, yang artinya:

Barangsiapa memasukinya (Baitullah) amanlah dia. Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana.

5. Panggilan terakhir, yaitu meninggalkan dunia. Setiap yang hidup pasti akan mati. Bukan kita yang menjemput kematian tetapi kematianlah yang akan menjemput kita. Dalam QS. Jumuah: 8, yang artinya:

Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan

Dalam pantauan lensadakwah.com ustad yang sehari-harinya sebagai Kabid Agama Sosial dan Budaya di Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT-FKPT) Jawa Timur ini menguraikan satu persatu kelima panggilan Allah tersebut diatas dengan uraian serta contoh sehingga jamaah menjadi jelas.

lensa_ldkpwmjatim





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.