SESAMA MUSLIM ITU SAUDARA

Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat. QS. Al Hujurat: 10

 Ustad Nurcholis Huda

Lensadakwah.com - Kajian rutin setiap Hari Rabu ba'da Shubuh yang diasuh oleh ustad Nurcholis Huda di Masjid At-Taqwa Pogot Surabaya, Rabu 1 Juni 2022 mengambil tema Sesama Muslim itu Saudara.

Dalam mengawali kajian ustad Nurcholis panggilan akrap dari penasihat Masjih At-Taqwa ini dengan mengutip ayat Al Qur'an yang berbunyi:

لَا تَمُدَّنَّ عَيْنَيْكَ إِلَىٰ مَا مَتَّعْنَا بِهِ أَزْوَاجًا مِنْهُمْ وَلَا تَحْزَنْ عَلَيْهِمْ وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِلْمُؤْمِنِينَ

Janganlah sekali-kali kamu menunjukkan pandanganmu kepada kenikmatan hidup yang telah Kami berikan kepada beberapa golongan di antara mereka (orang-orang kafir itu), dan janganlah kamu bersedih hati terhadap mereka dan berendah dirilah kamu terhadap orang-orang yang beriman. QS. Al Hijr: 88.

Ayat diatas memerintahkan agar kita sesama Muslim bersikap rendah hati, tidak sombong, tidak bermusuhan, tidak merasa kita lebih diatas dari pada mereka, kita saling menghormati, tidak membedakan seseorang karema tampilan dam bungkusnya. Kata ustad Nurcholis pada jamaah.


Dari Abu Musa radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah saw bersabda:


اَلْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا.


Seorang Mukmin dengan Mukmin lainnya seperti satu bangunan yang tersusun rapi. Sebagiannya menguatkan sebagian yang lain.


Pesan Rasulullah  diatas mengingatkan kita semua bahwa bangunan itu satu bagian dengan bagian lainnya saling menguatkan. Jika ada bagian yang lemah, maka bagian yang lain akan ikut lemah.


Karena itu setiap Muslim tidak boleh saling melemahkan bagi Muslim lainnya. Apalagi sengaja melemahkan kekuatan saudaranya sesama Muslim.

عَنْ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى (رواه مسلم)

Dari An-Nu'man bin Bisyir dia berkata, bahwa Rasulullah  bersabda: Perumpamaan orang-orang yang beriman dalam hal saling mencintai, mengasihi, dan menyayangi di antara mereka adalah ibarat satu tubuh. Apabila ada salah satu anggota tubuh yang sakit, maka seluruh tubuhnya akan ikut terjaga (tidak bisa tidur) dan panas (turut merasakan sakitnya). HR Muslim.

Mari kita jaga persatuan dan kita hindari perpecahan. Meskipun disana sini perpecahan masih terjadi yang disebabkan oleh kepentingan-kepentingan tertentu. Ingat ayat Allah yang berbunyi :

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا ۚ وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا وَكُنْتُمْ عَلَىٰ شَفَا حُفْرَةٍ مِنَ النَّارِ فَأَنْقَذَكُمْ مِنْهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.

Semoga Allah memberikan kepada kita kesehatan dan kekuatan untuk  menjadikan kita semua umat yang bersatu dalam petunjuk dan hidayahnya.

lensa_ldkpwmjatim



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.