WAJIB FAHAM 4 HAL INI

Ada empat hal yang harus kita perhatikan apabila kita menginginkan ketenangan dan kebahagiaan dalam hidup.

 Ustad Slamet Hariono* saat menyampaikan kuliah shubuh

Lensadakwah.com - Kuliah shubuh yang disampaikan oleh ustad Slamet Hariono utusan dari LDK Kota Malang peserta  bimtek dai komunitas sungguh menyentuh hati. 

Acara diawali dengan shalat Shubuh berjamaah yang diimami oleh ustad Aziz dari LDK Muhammadiyah Kota Blirar.

Dalam kuliah shubuh tersebut ustad Slamet menyampaikan sebuah Hadits yang berbunyi:

قوام الدنيا بأربعة أشياء. أولها بعلم العلماء والثانى بعدل الأمراء والثالث بسخاوةالأغنياء والرابع بدعوة الفقراء.

Dunia dibangun dengan empat perkara, yang pertama adalah dengan ilmunya ulama, yang kedua dengan adilnya penguasa, yang ketiga dengan kedermawanan orang-orang kaya dan keempat dengan doanya para fakir miskin.

Empat hal diatas bisa disebut pilar dunia. Selama empat pilar tersebut masih tegak berdiri maka hari kebinasaan juga masih belum waktunya. Oleh karena itu, selagi masih ada waktu untuk bertaubat atas semua dosa dan memperbaiki kesalahan maka gunakanlah waktu ini sebaik mungkin untuk menegakkan empat pilar diatas.

Suasana kuliah shubuh di lokasi bimtek

Pertama, ilmu orang-orang alim (ulama). Ulama merupakan sebutan bagi orang-orang tertentu yang memiliki pengetahuan agama yang mempuni. Selain itu, ulama merupakan orang-orang yang integritas keimanan dan ketakwaan yang kokoh.

Kedua, keadilan pemimpin. Setiap orang pasti mengingkan pemimpin yang adil, baik pemimpin secara struktural seperti pemimpin negara, sampai tingkat RT, maupun pemimpin non struktural seperti pemimpin rumah tangga sampai pemimpin untuk dirinya sendiri.

Ketiga, kedermawanan orang kaya. Salah satu bentuk mensyukuri nikmat Tuhan yang tiada tara ini adalah dengan bersedekah. Berbagi tidak menjadikan harta kita menjadi miskin justru akan semakin bertambah dan bertambah. Di samping itu sedekah mendatangkan keberkahan hidup sehingga hidup damai dan tenang dan malas berbuat keburukan.

Keempat, doanya para fakir miskin. Hal yang paling memungkinkan yang dapat dilakukan oleh orang fakir miskin adalah berdoa. Karena berdoa tidak memerlukan ilmu yang tinggi, keadilan apalagi kekayaan. Cukup iman dan keyakinan itu sudah cukup. Di dalam hidup yang penuh keterbatasan ekonomi dan finansial namun tetap bersabar adalah modal utama diterimanya doa.

Semoga kultum ini dapat menjadikan kita semua bisa menjadikan hidup damai  tenang dan tentram.

lensa_ldkpwmjatim

*Peserta bimtek dai komunitas utusan LDK PDM  Kota Malang


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.