BIMTEK JULEHA JATIM, QURBAN AMAN SEHAT UTUH DAN HALAL

Lensadakwah.com - Menjelang hari raya Idul Adha perlunya pengetahuan tentang beragam hal yang berkaitan dengan prosesi qurban menjadi hal utama bagi setiap takmir masjid.

Peserta Bimtek serius menyimak materi dan praktik sembelih hewan qurban.

Dalam rangka Sukses Bulan Bakti JULEHA Jatim 1443 H, Juru Sembelih Halal (JULEHA) Jawa Timur menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek), Sabtu-Ahad (11-12/6/2022).

Sebanyak 26 peserta yang merupakan takmir masjid dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Timur mengikuti Bimtek yang dilaksanakan di masjid Pemuda Balas Klumprik Surabaya.

Setiap peserta dibekali tentang fiqh qurban, manajemen qurban, tehnik sembelih serta alat bantu sembelih, asah bilah dan handling. 

Dan lebih penting lagi terkait penyebab sekaligus penanganan virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sedang mewabah dan menyerang hewan ternak saat ini.

Selanjutnya setiap peserta dilibatkan langsung dalam praktik penyembelihan sapi yang diadakan di Rumah Potong Hewan (RPH) Pegirian Surabaya.

"Program ini adalah implementasi dari kajian-kajian yang sudah kami lakukan di masjid-masjid di seluruh Jawa Timur. Para takmir kami undang kesini untuk diberikan materi berikut sekaligus diberikan kesempatan untuk praktik langsung di RPH. Jadi kegiatan ini tujuannya adalah untuk menyiapkan para juru sembelih halal yang nanti terjun di masyarakat ketika Idul Qurban yang mana untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang biasa terjadi di masyarakat ketika dalam proses penyembelihan." Ujar Hanief Adzhar, Ketua Juleha Jatim.

"Disini kita diajari tentang fiqh maslaah qurban dari perbandingan 4 mahzab, bagaimana hukum qurban, hewan-hewan yang layak diqurbankan dan cara penyembelihan qurban serta manajemen qurbannya." Kata Didik, salah satu peserta yang berasal dari Tulungagung.


Penulis : Akbar

Editor : Muha

Lensa_ldkpwmjatim





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.