INILAH KELOMPOK DAN PEMETAAN RADIKALISME DI JAWA TIMUR

Lensadakwah.com - Pembentukan dan Pelatihan Tim Penyuluh Terpadu Anti Radikalisme memasuki materi ke 3 di hari kedua. Kamis (30/6/2022).

Kompol Bahrun Nasikin (kiri) memaparkan materi Pemetaan Radikalisme/Terorisme di Jatim dan Strategi Deradikalisasi.

Sebagai pemateri dari Dir Intelkam Polda Jatim, Kompol Bahrun Nasikin SAg MA membuka pemaparannya dengan video contoh peristiwa terorisme yang terjadi di Indonesia.

Dalam paparannya menyebutkan beberapa isu penyebab terjadinya radikalisme dan terorisme di Indonesia. Pertama : kecewa terhadap kebijakan pemerintah yang dianggap tidak adil, kedua : adanya deportan ISIS yang datang ke Indonesia.

Ketiga : napiter yang keluar lapas berpotensi kambuh lagi, keempat : simpatisan poso yang masih eksis, kelima ; propaganda di media sosial, keenam : munculnya jaringan teroris baru.

Disebutkan pula beberapa kelompok terorisme yang ada di Indonesia agar peserta dapat mengetahui dan mewaspadai keberadaan kelompok radikal di lingkungannya.

"Mari kita bersama bersinergi untuk melakukan kontra narasi di media sosial agar dapat menangkal penyebaran faham radikalisme", tuturnya.

Penulis : Muhaimin
Editor  : Muchamad Arifin

Lensa_fkptjatim



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.