KAJIAN KHUSUS QS. AL KAUTSAR

Lensadakwah.com - Kajian Ahad malam ba'da Maghrib di Masjid At-Taqwa Pogot Surabaya, 12 Juni 2022 disampaikan oleh DR. H. Syamsuddin, MA.

Ust. DR. H Syamsudfin, MAg

Dalam kajiannya ustad Syamsuddin menyampaikan seputar latar belakang terkait dengan QS. Al Kautsar: 1-3.

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ

Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus

QS. Al Kautsar ini merupakan surah ke-108 dalam Alquran. Surat ini tergolong surat Makkiyah meskipun juga ada yang berpendapat surat Madaniyah. Surah dengan tiga ayat tersebut, juga merupakan surat terpendek di dalam Alquran, namun, Al-Kautsar nyatanya memiliki arti sebagai nikmat yang berlimpah.

Dalam penjelasamnya disampaikan , bahwa: Surah Al-kautsar ini diturunkan berkaitan dengan kematian putra Nabi Muhammad saw yang bernama Ibrahim.

Dengan kematian putranya tersebut, beliau tidak lagi memiliki anak laki-laki. Hal tersebut mengundang orang-orang kafir untuk menekan beliau. 

Orang kafir Quraisy mengatakan Muhammad telah terputus keturunannya.  ucapan ini sempat membuat hatinya gelisah. Dan untuk menghiburnya Allah SWT menurunkan surah  Al Kautsar.

Dari latar belakang kondisi di atas, maka turunlah firman Allah swt. dalam surat Al-Kautsar ayat ketiga.

إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ ٱلْأَبْتَرُ

‘’Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.’’

Pada saat Rasulullah mendapat wahyu, maka orang-orang Quraisy berkata, ‘’Muhammad telah putus hubungan dengan kita.’’ Maka turunlah ayat ketiga surat Al-Kautsar ‘’Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.

Selanjutnya ustad yang juga Wakil Ketua Muhammadiyah Jawa Timur ini menyampaikan dengan cukup rinci dan jelas terkait dengan tiga ayat yang ada dalam QS. Al Kautsar 1-3.

Pada akhir kajian ustad Syamsuddin berpesan kepada para jamaah agar selalu ikhlas dan mencari ridho Allah swt. dalam menjalankan Shalat termasuk dalam melaksanakan ibadah kurban serta ibadah lainnya.

lensa_ldkpwmjatim


 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.