MENGENALI PEREGERAKAN TERORISME

Lensadakwah.com - Mengenali Perkembangan dan Pergerakan Terorisme dan Penanggulangannya. Inilah yang disampaikan oleh Kompol Dr. Dhany Teguh SH  MH. Dalam paparan materi ketiga dalam kegiatan Pembentukan dan Pelatihan TIM Penyuluh Terpadu Anti Radikalisme.

Dalam menyampaikan materinya Satgas Wilayah Densus 88 Anti Teror ini didampingi oleh Ahmad Reza Alfian dari Tim Sinergitas Jawa Timur



Anggota Satgad Wilayah Densus Anti Teror menyampaikan bahwa Penanganan terorisme dan kekerasan ekstremisme global jelas semakin rumit dan rawan seiring dengan berkembangnya dinamika radikalisme kumulatif.

Adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih terkait erat dengan situasi sosial yang masih menyisahkan kesenjangan, diskriminasi, dan marginalisasi yang berbuntut pada kekerasan. 



Namun demikian, penyelesaian dari persoalan-persoalan tersebut tidak bisa hanya semata-mata disorot dalam asumsi keamanan sebagai ancaman yang perlu dibasmi karena mereka adalah masyarakat yang menjadi korban, atau asumsi agama sebagai bentuk perjuangan suatu kelompok atas nama jihad yang mengakibatkan tindakan kekerasan dan kebencian antar agama, tapi lebih pada sebab dasar dari kegagalan negara dalam menciptakan tatanan sosial yang berkeadilan dan berkemanusiaan. 

Salah satu harapan dari dipaparkannya materi ini adalah agar para penyuluh yang mengikuti acara ini  bisa ikut serta mengenali pergerakan radikal teroris sehingga bisa membentengi diri dan masyarakat secara luas.

lensa_fkptjatim

Penulis : Muchamad Arifin






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.