SELAMATKAN GENERASI MUDA DARI FAHAM RADIKALISME, EKSTRIMISME, DAN TERORISME

Lensadakwah.com - Memasuki era revolusi industri 4.0 tidak lepas dengan beberapa tantangan yang harus siap untuk dihadapi.

Dengan adanya tantangan tersebut menjadi faktor penyebab terjadinya penyebaran faham radikalisme, ekstrimisme, dan terorisme yang terjadi belakangan ini. Itulah materi pembuka Pembentukan dan Pelatihan Tim Penyuluh Terpadu Anti Radikalisme. Rabu (29/6/2022).

Pemaparan Materi oleh Bambang Sigit Widodo didampingi Muchamad Arifin

Dalam paparannya Dr Bambang Sigit Widodo SPd MPd dengan dimoderatori Muchamad Arifin S.Ag M.Ag menyampaikan ada 4 tantangan yang terjadi akibat revolusi industri 4.0.

Pertama, tantangan Era Disrupsi Industri, kedua, tantangan SDM Pembangunan Indonesia, ketiga, perubahan peta kompetisi dan terakhir tantangan perubahan perilaku dan gaya hidup.

Menurutnya, target utama penyebaran faham radikalisme, ekstrimisme, dan terorisme adalah generasi muda milenial. Hal ini dikarenakan adanya pemikiran yang masih labil dan menginginkan keadilan dan kemakmuran yang berlandaskan pada tanggung jawab bersama, integritas dan nilai-nilai agama.

"Inilah tantangan utama kita terhadap generasi muda milenial kita, karena mereka sangat rentan dan mudah terpapar dengan kecanggihan teknologi saat ini", paparnya.

Dengan menampilkan contoh-contoh kasus yang terjadi belakangan ini, semakin menguatkan pentingnya social awareness terhadap generasi muda milenial di sekitar kita.

Sebagai penutup, kabid Pemuda dan Pendidikan FKPT Jatim berpesan kepada seluruh tim penyuluh akan pentingnya kearifan lokal menjadi penangkal pemaparan faham radikalisme, ekstrimisme, dan terorisme di lingkungan masing masing. (Muha/red).


Lensa_fkptjatim











Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.