AISYIYAH BERWISATA ROHANI

Wisata ruhani  warga ‘Aisyiyah di taman surga Kali Lesti kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang

 


Lensadakwah.com - Setelah pandemic berakhir dan pemerintah membolehkan kegiatan bersama, maka warga aisyiyah  mengadakan acara silaturahim dan sharing program bersama 6 cabang yang tergabung dalam wilayah kerja bagian utara, yang terdiri atas : PCA Tumpang. PCA Singosari, PCA Lawang, PCA Jabung, PCA Poncokusumo dan PCA Pakis.  Kegiatan silaturahim dikemas dalam bentuk wisata rohani di taman wisata kali lesti. 

Acara yang dilaksanakan pada hari ahad, 5 Juni 2022 , mulai pukul 09.00–12.00 wib. Kegiatan ini dihadir 4 orang  PDA  dan 2 orang PDNA  Kabupaten Malang.

Taman wisata  kali lesti  ini adalah  milik salah satu warga Aisyiyah Cabang Poncokusumo, yaitu Ibu Sri Widayati wakil PCA  Poncokusumo, begitu sambutan Ibu Maria Ulfa sebagai  ketua PCA Poncokusumo sekaligus  tuan rumah acara diatas .


Dalam pantauan lensadakwah.com nampak warga Aisyiyah dari masing cabang  sangat antusias untuk hadir sambil membawa putra putri mereka , sekaligus  salah satu  metode untuk  mengenalkan  ‘Aisyiyah kepada kader kadernya  dan masyarakat umum yang hadir di taman wisata tersebut. 

Suasana taman wisata kali lesti , seperti gambaran surga yang dibawahnya ada sungai yang mengalir, selain itu ada kolam renang yang aman untuk anak anak dengan air yang terasa segar meskipun dingin. 

Ibu Maisaroh  selaku  ketua PCA Tumpang,  sekaligus coordinator wilker utara mengajak warga aisyiyah untuk tetap semangat dalam berkarya dan beramal di aisyiyah.

Pertemuan wilker utara  ini dilaksanakan setiap dua bulan sekali secara rutin bergantian antar cabang , rencana bulan agustus 2022 mendatang yang ketempatan PCA Lawang untuk bersiap diri.


Dalam sambutannya Ibu Prapti selaku PDA kabupaten Malang  menyambut gembira atas kegiatan tersebut yang memang sekarang sudah menjadi tradisi masyarakat kita senang kalau kegiatannya dilakukan di luar ruangan, karena sebagai  sarana refresing bagi para ibu-ibu khususnya yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, pendidik.

Warga Aisyiyah yang rata-rata pegawai kantor, pedagang dan juga ada yang petanu tidak menjadikan halangan untuk bisa berkumpul bersama dalam pertemuan tersebut  jadi satu dan punya kedudukan yang sama dihadapan Allah, hanya tingkatan  takwa yang membedakan dihadapan  Allah. 

Memasuki abad ke dua visi ‘Aisyiyah mencakup 3 hal, yaitu 1) berkembangnya Islam berkemajuan dalam masyarakat, khususnya lingkungan umat Islam dimana Aisyiyah berada, 2) berkembangnya gerakan pencerahan yang membawa proses pembebasan, pemberdayaan dan pemajuan dalam kehidupan keumatan dan kebangsaan, 3) berkembangnya perempuan berkemajuan di lingkungan umat Islam, bangsa Indonesia dan ranah global sebagai insan pelaku perubahan menuju peradaban utama yang cerah dan mencerahkan. 

Adanya taman wisata kali lesti, bagi warga poncokusumo merupakan berkah tersendiri, khususnya dalam pemberdayaan ekonomi warga masyarakat sekitar.

Dakwah Muhammadiyah/ ‘Aisyiyah nyata dan dirasakan oleh warga. Suasana yang dingin di lingkungan wisata , membuat  panasnya makanan gorengan menjadi menu pilihaan bagi semua kalangan selain mie gelas atau pop mie dan yang jualan juga  ibu ibu aisyiyah yang sudah berusia lanjut tetapi masih semangat  dalam berkarya.

Semoga keberadaan muhammadiyah dan aisyiyah  cabang poncokusumo menjadi inspirasi cabang yang lain dalam pemberdayaan ekonomi umat.. (Muhtadawati*)

lensa_ldkpwmjatim

* alumni peserta bimtek dai komunitas LDK Muhammadiyah Jatim


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.