BOHONG PINTU KEJAHATAN

Lensadakwah.com - Bohong merupakan pintu kejahatan. Oleh karena itu hindari dari bohong. Inilah yang disampaikan oleh ustad Nurcholis Huda pada kajian Rabu ba'da Shubuh di Masjid At-Taqwa Pogot Surabaya, 27 Juli 2022.

Ustad Nurcholis Huda

Dalam kajian rutin setiap hari Rabu ba'da Shubuh di Masjid At-Taqwa  yang diasuh oleh ustad Nurcholis Huda selalu dipadati jamaah. 

Dalam pantauan lensadakwah.com Wakil Ketua Muhammadiyah Jawa Timur yang sering dipanggil ustad Nurcholis ini mengawali dengan menyampaikan ayat Al Qur'an yang berbunyi :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, Niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar. QS. Al Ahzab: 70-71.

Jika kita perhatikan dari ayat di atas, maka terdapat perintah untuk bertaqwa dan berkata benar artinya tidak bohong, jujur dalam berperilaku. 

Allah akan memberikan bonus kepada hambanya yang mampu menjalankan penrintahnya di atas,  yaitu:

1. Perilakunya akan dibimbing oleh Allah sehingga cenderung berbuat baik, jika akan berbuat salah langsung sadar kembali kejalan yang benar.

2. Kesalahannya diampuni oleh Allah karena selalu menghindari perbuatan salah.

3. Mendapatkan kebahagiaan dalam hidupnya karena selalu jujur tidak pernah bohong dan hatinya bersih dari penyakit hati.

Kejujuran itu awalnya terasa pahit tetapi selanjutnya akan terasa manis dan nikmat. Sedangkan bohong itu awalnya manis tetapi selanjutnya akan terasa pahit dan meresahkan bahkan menderita.


Dari Abdullah Ibnu Mas'ud, Rasulullah SAW bersabda:

عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَاِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِيْ اِلَى الْبِرِّ اِنَّ الْبِرِّيَهْدِيْ اِلَى الْجَنَّةِ (رواه البخارى ومسل

Hendaknya kamu selalu jujur karena kejujuran itu akan membawa kepada kebaikan dan kebaikan itu akan membawa ke dalam surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Hadits di atas semakin jelas bahwa kejujuran akan membawa ke surga sedangkan kebohongan membawa ke neraka.

آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ

Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga. jika berbicara ia berbohong, jika berjanji ia ingkar, dan jika dipercaya ia berkhianat. (HR Bukhari)

Hadits lain menyebutkan  bahwa: Sungguh yang paling aku khawatirkan atas kalian semua sepeninggalku adalah orang munafik yang pintar berbicara." (HR At-Tabrani)

Orang seperti ini apabila berbicara mengandung kebohongan, apabila berjanji sering berdusta, apabila diserahi amanah, dikhianati. Ini merupakan gambaran dari hadis tentang ciri-ciri orang munafik.

مَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنْ النَّارِ

Siapa yang berdusta atas namaku dengan sengaja maka hendaklah ia mempersiapkan tempat duduknya di neraka.” (HR. Bukhari  dan Muslim)

Oleh karena itu jangan pernah mengatakan bahwa ini adalah sabda Rasulullah atau dari Nabi padahal tidak. Berhati-hatilah. 

«لَا يَحِلُّ الْكَذِبُ إِلَّا فِي ثَلَاثٍ: يُحَدِّثُ الرَّجُلُ امْرَأَتَهُ لِيُرْضِيَهَا، وَالْكَذِبُ فِي الْحَرْبِ، وَالْكَذِبُ لِيُصْلِحَ بَيْنَ النَّاسِ

Kedustaan itu tidak halal kecuali pada tiga hal; seorang suami yang berbicara terhadap istrinya agar dia ridha padanya, kedustaan pada peperangan, dan kedustaan yang dilakukan dalam rangka untuk mendamaikan (sesama) manusia." (HR Tirmidzi)


Sumber: Kajian ustad Nurcholis Huda

Editor   : Muchamad Arifin

lensa_ldkpwmjatim


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.